Kompensasi delay pesawat.

MEDAN,JO- Bandara Kualanamu salah satu Bandara bertaraf internasional meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang yang mau berangkat dari Bandara Kualanamu ke segala tujuan. Bandara di bawah PT Angkasa Pura II ini terus memperbaiki fasilitas dan layanan para penumpang, termasuk urusan delay pesawat. 

Seperti yang terlihat pada Sabtu (23/1/2021) lalu, ketika para penumpang maskapai penerbangan Citilink harus menghadapi tertundanya pemberangkatan karena keterlambatan kedatangan pesawat Citilink dari Aceh.

Menurut Balkis, Humas Bandara Kualanamu, pihaknya selalu mengantisipasi kejadian seperti ini dan memfasilitasi agar kewajiban kepada para penumpang direalisasikan oleh maskapai. Misalnya dengan memberikan makanan bahkan kompensasi uang sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang penanganan keterlambatan pada pesawat yang merupakan kewenangan dan kewajiban maskapai. 
 
Berikut ini kompensasi delay pesawat yang diberikan maskapai untuk penumpang maskapai sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015:
  • Delay 30-60 menit kompensasi delay pesawat berupa pemberian minuman ringan
  • Delay 61-120 menit kompensasi delay pesawat berupa minuman dan makanan ringan
  • Delay 121-180 menit kompensasi delay pesawat berupa minuman dan makanan berat
  • Delay 181-240 menit kompensasi delay pesawat berupa makanan dan minuman ringan, plus makanan berat
  • Delay lebih dari 240 menit kompensasi delay pesawat berupa ganti rugi uang tunai sebesar Rp 300.000
  • Maskapai melakukan pembatalan penerbangan, penumpang mendapatkan kompensasi berupa penawaran dua alternatif yakni pengembalian dana secara penuh tiket yang sudah dibeli (refund) dan pengalihan ke penerbangan berikutnya.
"Badan Usaha Angkutan Udara wajib menyampaikan informasi keterlambatan penerbangan melalui petugas yang berada di ruang tunggu bandar udara yang ditunjuk secara khusus untuk menjelaskan atau memberi keterangan kepada penumpang," bunyi Pasal 7.

Dari pantauan, para penumpang Citilink mengalami keterlambatan keberangkatan ke Jakarta, menunggu kedatangan Citi link dari Aceh.Para penumpang pun diberi makanan tambahan sebagai kompensasi. Namun hal itu tetap saja membuat penumpang kecewa atas kinerja maskapai penerbangan, dan berharap kejadian ini tidak terulang kembali. (jomd-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.