Ezzeldin Bahader

JAKARTA- Bagi para pemain sepakbola profesional ini, usia mungkin hanyalah angka. Tidak perduli usia kepala lima atau tujuh, mereka tetap bersemangat untuk bermain sepakbola. Seakan tidak ada istilah ‘gantung sepatu” bagi mereka. 

Dari lima pemain sepakbola profesional ini, ada yang usianya menyentuh angka 74 tahun, dengan menyandang panggilan kakek dari enam orang cucu! Tak hanya sekadar usia, tapi diantara nama nama ini kebanyakan masih aktif bermain sampai pada hari ini. 

Berikut adalah profil mereka: 

1. Ezzeldin Bahader (74 Tahun) 

Ezzeldin Bahader adalah pemain sepakbola profesional asal Mesir yang mencatatkan dirinya sebagai pemain yang memecahkan rekor pemain tertua dunia versi Guinnes Book Record tahun 2020 ini. Dia memperkuat club Liga 3 Mesir bernama 6th October Club, yang bermarkas di Kairo, Mesir. Bahader ternyata sudah memiliki enam orang cucu. Keenam cucunya itu lahir dari keempat anak Bahader. Walaupun telah memiliki banyak cucu, tetapi tak mengurangi stamina Bahader untuk turut terlibat dalam pertandingan profesional. 

"Tidak ada yang mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin," kata Ezzeldin Bahader dari Mesir, seperti dikutip Fifa.com, menjelaskan masuknya ke dalam Rekor Dunia Guinness. 

Ezzeldin Bahader menyebut, dirinya selalu ingin bermain untuk klub besar, tetapi itu tetap hanya mimpi. “Jadi saya mulai mengejar tujuan lain ketika saya mengetahui bahwa orang tertua yang bermain secara profesional adalah seorang striker berusia 53 tahun [Kazuyoshi Miura dari Jepang]. Melihat perbedaan usia yang sangat besar antara saya dan dia, saya memutuskan untuk mencobanya.” 
 
2. Isaak Hayik (73 Tahun)
Isaak Hayik

Isaak Hayik menjadi pemain sepak bola profesional tertua kedua di dunia ketika ia bermain untuk Ironi Or Yehuda sebagai penjaga gawang pada usia 73. Klub Ironi Or Huda merupakan anggota Liga Bet South A, liga profesional yang berada di tingkat empat Liga sepak bola Israel. 

Hayik lahir di Irak dan beremigrasi ke Israel bersama orang tuanya ketika dia berusia empat tahun, setelah pembentukan negara mendorong tindakan anti-Yahudi di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Dia mendirikan Hayik Bamot, sebuah bisnis yang menangani semua logistik untuk kegiatan, pertunjukan, reli, dan event. 

Hayik menulis di halaman Facebook-nya: “Usia hanyalah angka. Ketahuilah selalu bahwa Anda dapat mewujudkan setiap mimpi, jika Anda percaya pada diri sendiri. Shabbat shalom dariku, pesepakbola aktif tertua di dunia. ” 

3. Kazuyoshi Miura (53 Tahun) 

Kazuyoshi Miura saat ini adalah pemain sepak bola tertua kedua di dunia pada usia 53 tahun dan dia baru-baru ini memecahkan rekor usianya sebelumnya ketika dia memutuskan untuk memperbarui kontrak Yokohama FC sekali lagi. Miura, yang akrab dipanggil Kazu, memulai karir sepak bolanya pada tahun 1986 dan menjadi terkenal di awal 1990-an, menjadikannya superstar sepak bola pertama di Jepang. 
 
Miura adalah pemain Jepang pertama yang menerima penghargaan Pemain Terbaik Asia tahun 1993, yang diberikan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia. Pada awal Maret 2017, Kazu menjadi pemain sepak bola profesional tertua yang mencetak gol kompetitif, mencetak satu-satunya gol kemenangan dalam pertandingan Yokohama FC melawan Thespakusatsu Gunma. Menurut situs resmi Kazuyoshi Miura, sejauh ini dalam karirnya ia telah bermain selama 37.384 menit, mencetak 163 gol, dan telah membuat 52 assist.
Kazuyoshi Miura

4. Stanley Matthews (50 Tahun) 

Stanley Matthews dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik Inggris dan sampai Kazuyoshi Miura memecahkan rekornya pada tahun 2017, Matthews adalah pemain sepak bola profesional tertua yang pernah memainkan olahraga tersebut dan mencetak gol kompetitif. Dia memainkan pertandingan terakhirnya pada tahun 1965 dan lebih aneh lagi tahun itu dia menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang pernah dianugerahi gelar kebangsawanan (untuk jasa sepak bola).
Stanley Matthews

Setelah pensiun sebagai pemain, Matthews mencoba keahliannya sebagai pelatih dan hal terpenting yang dia lakukan sebagai pelatih adalah membentuk tim berkulit hitam di Soweto, Afrika Selatan pada tahun 1975 selama undang-undang apartheid negara itu. Stanley Matthews adalah orang yang dilantik untuk pertama kalinya di Hall of Fame Sepak Bola Inggris pada tahun 2002.

5 Essam El Hadary 

Essam El-Hadary saat ini adalah pemain sepak bola aktif tertua ketiga di dunia dan baru-baru ini menjadi berita utama internasional untuk menetapkan Rekor Dunia Guinness. Selama Piala Dunia FIFA 2018, El-Hadary, yang merupakan seorang penjaga gawang, menjadi pemain sepak bola tertua yang bermain di Piala Dunia pada usia 45 tahun. 

Menyusul pencapaiannya yang mengesankan, El-Hadary mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari bermain untuk tim nasional Mesir. El-Hadary pertama kali bermain untuk Mesir pada tahun 1996 dan telah tampil di 159 pertandingan internasional. Sementara El-Hadary telah pensiun dari tim nasional, dia belum pensiun dari olahraga tersebut.
Essam El-Hadary

Meskipun El-Hadary menandatangani kontrak dengan Nogoom Football Club, dia meninggalkan klub pada akhir musim 2019. Pada saat penulisan ini, El-Hadary belum mengumumkan pengunduran dirinya, tetapi juga belum menandatangani kontrak dengan klub lain. 

Essam El-Hadary telah memenangkan Piala Afrika empat kali dan dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik turnamen tiga kali. (Moch Evan Andreswara / mochevan1208@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.