Kadis Kominfo Medan Ikuti Rakor Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19

Rakor Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19.

MEDAN, JO- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan Zain Noval, SSTP, MAP diwakili Kabid Komunikasi Publik Saipul Amri, SSos mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 di Tingkat Daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (5/1/2021). 
 
Rapat yang digelar secara virtual dan diikuti oleh perwakilan Pemprov dan Pemko / Pemkab se-Indonesia ini bertujuan agar strategi komunikasi vaksinasi yang diterapkan dapat berhasil dengan baik sehingga masyarakat dengan kesadaran mendukung program vaksinasi Covid-19. 
 
Rapat koordinasi dibuka dengan pemaparan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Safrizal ZA, MSi. Dia menyampaikan, vaksinasi merupakan salah satu solusi untuk menciptakan kelompok kelompok buatan. 
 
“Di negara dengan penduduk 270 juta, kalau duapertiga saja untuk meraih kelompok angkanya mencapai 180 juta jiwa,” ucapnya. 
 
Dia menyebutkan, kepala daerah dan jajaran pemerintah daerah yang berperan penting dalam program vaksinasi ini. Dikatakannya pula, kepala daerah juga menjadi simbol keteladanan dalam penyuntikan vaksin ini. Berkaitan dengan platform sosialisasi vaksinasi, lanjutnya, dapat dilakukan secara formal maupun informal, melibatkan tokoh agama, menggunakan media konvensional, maupun media sosial.

Dikatakan, strategi komunikasi publik juga memanfaatkan media massa cetak dan elektronik, mengoptimalkan ruang digital, dan pesan siaran berulang. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan komunikasi verbal dan personal, optimalisasi ruang komunal, dan pesan persuasi door to door
 
Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Medan Saipul Amri, SSos yang mengikuti rakor ini dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, mengungkapkan, Dinas Komunikasi dan Informatika Medan telah dan terus melancarkan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi sebagai salah satu penanganan penanganan Covid-19, di samping kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. 
 
“Kita menyampaikan sosialisasi melalui media konvensional maupun digital. Diharapkan pesan-pesan ini dapat menjangkau masyarakat secara luas, sehingga kesadaran akan pentingnya vaksinasi ini, ”ujar Saipul didampingi Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Medan Muhammad Rizki Husni, SH. 

Saipul menyatakan, rapat koordinasi yang juga menghadirkan Wakil Menteri Kesehatan RI  Dante S. Harbuwono ini, memberikan berbagai masukan berarti dalam menerapkan strategi komunikasi publik tentang vaksinasi Covid-19. 
 
“Rapat ini sungguh berarti dan memberikan masukan yang berarti kita dalam menjalankan komunikasi publik, khususnya untuk mendukung program vaksinasi Covid-19,” sebut Saipul usai rakor yang berlangsung mulai siang hingga sore itu.(jomd-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.