BMKG Medan Ingatkan Waspada Perubahan Cuaca yang Sangat Dinamis

Kondisi arah dan kecepatan angin.

MEDAN, JO- Kondisi cuaca Sumatera Utara (Sumut) dalam 2 - 3 hari kedepan diprediksiumumnya berawan. Angin bergerak dari arah Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 0,5 - 10 Knot, angin tersebut membawa massa udara yang cukup basah sehingga menyebabkan pertumbuhan awan -awan hujan. 
 
Hal ini diungkapkan oleh Budi Prasetyo, pegawai  pelayanan pada Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)-Wilayah 1, di Jalan Ngumban Surbakti Medan- Sumatera Utara, Jumat (22/1 /2021). 

"Memang pada bulan januari kondisi tetsebut adalah hal yang normal, karena pada bulan januari massa udara bergerak dari arah barat laut  yang berasal dari benua Asia akibat pengaruh pergerakan matahari." ungkap Budi Prasetyo kepada the Jakarta Observer

Dikatakan, potensi hujan dengan intensitas ringan  -sedang umumnya terjadi di wilayah pegunungan, lereng Barat dan lereng Timur seperti di wilayah Simalungun,  Samosir,  Karo , Langkat,  Deli Serdang, Taput, Humbahas , Samosir , Toba dan sekitarnya .

Selanjutnya BMKG menerangkan kondisi hujan lebat kemarin khususnya wilayah Medan dan sekitarnya diakibatkan karena adanya gangguan atmosfer di wilayah Perairan Barat Sumatera Utara.
"Kami menghinbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang sangat dinamis," ungkap Budi Prasetio. 

Masyarakat dapat selalu Pantau informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG pada Telp :061.8222877 Fax : 061.8222878 atau Emailnya : bbmkg1@bmkg.go.id/bbmgw1@yahoo.com. 

Tetap waspada dan sebaiknya sedia payung sebelum hujan adalah kata-kata bijak dalam mengantisipasi keadaan cuaca yang dinamis tersebut. (jomd-07)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.