Bawaslu Samosir Gelar Soialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Samosir, di Parbaba, Sabtu (14/11/2020).

SAMOSIR, JO-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pilkada tahun 2020 di Parbaba, Sabtu (14/11/2020). 

Staf Bawaslu Samosir Bram Simalango menyampaikan, kegiatan tersebut berlangsung selama 1 hari diikuti 35-an pekerja media di Samosir. 

Ditambahkannya, kegiatan juga senantiasa menerapkan protokol kesehatan, setiap tamu yang datang wajib diperiksa suhu tubuh dan mencuci tangan. 

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga saat membuka acara juga menyampaikan bahwa Keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan demi tercapainya pemilu yang berintegritas.

“Pemilihan berintegritas mensyaratkan adanya pengawasan terhadap seluruh proses dan hasil pelaksanaan tahapan pemilihan,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dibutuhkan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan/pemantauan. Kesediaan masyarakat dan para stakeholder lain dalam pengawasan pemilihan tersebut merupakan pengawasan partisipatif (active citizen). 

Nara sumber sosialisasi Tigor Munte mengatakan partisipasi masyarakat yang bisa dilakukan antara lain membangun tradisi demokrasi di keluarga dan masyarakat, tidak menjadi aktor atau pelaku pelanggaran, kemudian menginformasikan atau melaporkan jika menemukan indikasi pelanggaran. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.