Pemkab Samosir Tetapkan Keluar Rumah Wajib Pakai Masker - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Rohani Bakara
SAMOSIR, JO- Pemkab Samosir mewajibkan siapapun untuk memakai masker ketika keluar rumah. Hal itu sebagai implementasi praktis dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 untuk mengikuti protokol kesehatan di ruang-ruang publik. Patuh protokol kesehatan bukan karena operasi yustisi tapi sebagai kebutuhan.

"Mari kita patuhi protokol kesehatan bukan karena operasi yustisia melainkan merupakan kebutuhan untuk mencegah dan menangani penularan Covid-19 di Samosir. Jika hal ini yang menjadi motivasi dasar, maka Operasi Yustisia tidak akan menjadi masalah karena semua masyarakat sudah pakai masker ketika berkegiatan di luar rumah,” tulis Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Samosir Rohani Bakara melalui siaran pers, Selasa (15/9/2020).

Dikatakan Rohani, Gugus Tugas Covid-19 Samosir mulai hari ini mengajak semua masyarakat untuk membentuk kebiasaan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun pada fasilitas yang tersedia, dan jaga jarak interaksi ketika berkomunikasi dengan orang lain.




Perkataan ini bukanlah perkataan hampa, perkataan ini adalah satu kewajiban bagi kita untuk saling lindungi satu sama lain. ”Jika salah seorang dari kita tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah, maka memiliki potensi untuk menularkan dan/atau tertular dari mereka yang terinfeksi Covid-19," tegas Rohani.

Operasi yustisia, lanjutnya, digelar untuk menjaring mereka yang belum membentuk kebiasaan gunakan masker di tempat-tempat kerumunan. Tujuan utamanya adalah agar seluruh masyarakat menggunakan masker. Secara praktis, sesungguhnya masyarakat telah mendapat masker dari para penyumbang atau dapat membelinya karena memang sudah tersedia dengan harga terjangkau.

Dilanjutkan, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengapresiasi cuci tangan mobile yang telah dilakukan oleh Polres Samosir. “Ini adalah bentuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Samosir tentang pentingnya protokol kesehatan dan perhatian Pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia. Kiranya kegiatan ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal yang serupa kepada seluruh masyarakat Samosir,” ucapnya. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.