Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh

Presiden JokoWidodo (Jokowi) saat tiba di Aceh untuk meresmikan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa (25/8/2020). Jalan Tol
JAKARTA, JO: Jalan tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa (25/8/2020).

”Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Pak Bupati, seluruh masyarakat di Aceh bahwa pembebasan lahan yang ada di Provinsi Aceh ini paling cepat sepanjang yang saya tahu, paling cepat. Misalnya yang 74 kilo meter ini dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86%, ini cepat sekali. Sehingga konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat,” ujar Presiden.




Menurut Presiden, jika cara-cara di Aceh diterapkan untuk provinsi lain maka kecepatan pembangunan jalan tol semuanya segera bisa beroperasi penuh. ”Jika ini sudah beroperasi nanti akses ke bandara akan semakin mudah dan semakin cepat, waktu tempuh akan semakin cepat,” kata Presiden.

Kalau konektivitas semakin lancar dan terhubung dengan transportasi udara, Presiden sampaikan maka yang akan dilihat ke depan pergerakan orang serta pergerakan barang akan lebih cepat sehingga biaya lebih efisien. ”Pertumbuhan ekonomi akan saling terhubung dari titik satu ke titik yang lain sehingga perekonomian akan bergerak lebih cepat. Dan kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada,” ujarnya.

Selain itu, Presiden berharap dengan adanya tol tersebut dapat membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan goal-nya adalah menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya. Pada kesempatan itu, Presiden juga menitipkan pesan kepada Gubernur Provinsi Aceh agar nantinya jalan tol tersebut disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, sentra-sentra pariwisata, sentra-sentra kawasan industri sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat di Aceh.

Diharapkan oleh Kepala Negara, Aceh akan kembali menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatra dan tetap melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah agar juga ikut merasakan kue ekonomi dari infrastruktur yang dibangun.

”Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim jalan tol ruas Sigli-Blang Bintang seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang hari ini saya nyatakan diresmikan,” tandas Presiden. Turut hadir dalam acara kali ini, KSP Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir. (jo2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.