Komisi II DPRD Samosir Kunjungi Sentra UMKM Tenun Ulos di Muara

Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Samosir mengunjungi Desa Hutanagodang, Muara, Tapanuli Utara.
SAMOSIR, JO- Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Samosir melaksanakan konsultasi dan koordinasi dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kerajinan tenun ulos ke Desa Hutanagodang Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (11/7/2020).

Turut dalam kunjungan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Taput Marco Panggabean turut didampingi Kepala Desa Hutanagodang, Ketua Sanggar Tenun Harungguan Gokma Siregar.

Pada Kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan terimakasih atas sambutan serta menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kunjungan ke Sanggar Tenun ini. Nantinya masukan dan ilmu yang didapat dari Kelompok ini akan jadi bahan dalam membuat kebijakan utk pengembangan UMKM khususnya bidang Tenun ulos.




Pengelolaan tenun ulos ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur, dan tentunya mengangkat nilai dan nama ulos ini menjadi Lebih berharga dan dikenal dunia.

Ketua Sanggar menjelaskan ulos yang ditenun terdiri dari berbagai jenis diantara Ulos Harungguan, Ulos Sibolang, Ulos Bintang Maratur, Ulos mMrketer.

"Akan tetapi yang menjadi andalan untuk diproduksi yakni Ulos Harungguan. Kita menenum ulos harungguan karena harganya mahal dan diterima di mancanegara," ujar Marco Panggabean menambahkan.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Samosir mengapresiasi atas sinergi antara pemerintah dan kelompok dalam mengembangkan UMKM ini. "Harapan kami nantinya melalui Dinas terkait di Kab. Samosir akan dapat mempraktekkan apa yg kita Lihat di Sanggar Tenun Harungguan ini dan tentunya berkunjung kesini dengan membawa kelompok tenun dari Samosir,"ujar Pardon ME Lumbanraja. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.