Evita Nursanty Sosialisasi Empat Pilar dengan Wayang Online - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Dr Evita Nursanty, MSc 
REMBANG, JO- Pandemi Covid-19 tidak menghalangi upaya untuk melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Seperti yang dilakukan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr Evita Nursanty, MSc ini yang mengelar wayang online untuk menyampaikan pesan-pesan kebangsaan atau Empat Pilar.

Sosialisasi dengan wayang online ini melibatkan Dalang ki Sigid Ariyanto dengan lakon “Pendawa Syukur”, yang disiarkan secara online melalui Youtube, dari Sanggar Cakraningrat Rembang, Gang Anggrek 1 Tawangsari RT 07 RW 3, Leteh Rembang., Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (11/7/2020) pukul 19.00 WIB.

Menurut Evita, wayang online dipilih karena saat ini bahaya virus Covid-19 masih terus mengancam, sehingga dibutuhkan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dalam lakon “Pendawa Syukur” ini juga disiarkan pentingnya sikap kegotong-royongan, kebersamaan dalam membangun Indonesia. Wayang sendiri menjadi seni budaya yang banyak digemari masyarakat yang ada di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah III.




Dikisahkan, Senopati negara Amarta (Arjuna, Bima) bisa membunuh Prabu Jarasandha, raja yang serakah, dan bisa mengeluarkan para raja yang dipenjara oleh Jarasandha.

Ketika para raja dari 100 negara bisa dikeluarkan dari penjara ; mereka mendukung Pandhawa 5 yang merupakan simbol Pancasila untuk mengadakan sesaji syukur kos Tuhan agar wabah segera berakhir. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.