Ketua dan Komisi II DPRD Samosir Tinjau Lahan Tanaman Sareh Wangi

Tinjau tanaman sareh wangi
SAMOSIR,JO- Pimpinan dan Komisi II DPRD Kabupaten Samosir melakukan monitoring pemanfaatan lahan oleh Koperasi Tani Rap Tama Jaya di Desa Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta diterima oleh Ketua Koperasi Rap Tama Jaya Filipus Pandiangan dan anggota Kelompok, Kamis (9/7/2020).

Koperasi Rap Tama Jaya mengembangkan tanaman Sereh wangi, lahan yang sudah dimanfaatkan berkisar 40 Ha. Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Martua Tamba mendukung sepenuhnya upaya dan usaha anggota koperasi untuk mengelola lahan dengan tujuan supaya pendapatan masyarakat meningkat.

"Kedepan kita mendorong masyarakat untuk lebih mau untuk menanam sereh wangi dan tanaman pangan lainnya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir,"kata Saut.




Ketua Koperasi Tani Rap Tama Jaya Filipus Pandiangan mengaku memanfaatkan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan pada perhutanan sosial untuk menanam Sareh wangi di lahan 375 Ha yang sudah terverifikasi sekaligus dengan anggota kelompok yang berjumlah 152 orang.

Pada saat kelompok taninya menerima kunjungan DPRD Samosir, kelompok tani ini bermohon kepada DPRD untuk bersedia menyurati Kementerian Kehutanan untuk menambah lahan tanaman sereh wangi.

Selain itu, lanjut Pandiangan, pihaknya tak lupa bermohon kepada DPRD agar dapat membantu mesin penyulingan.

"Uji coba panen penyulingan, kita mampu mengumpulkan 4 kg. Namun masih dimanfaatkan sendiri. Belum dijual.ada sekitar 12 hektare luas lahan yang bisa dimanfaatkan untuk perhutanan sosial. Sedangkan di lahan yang telah dikelola saat ini. Menurut Pandiangan telah dimanfaatkan penanaman sareh wangi, agro wisata," lanjut Pandiangan. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.