Asyiknya Ramadan di Rumah Bersama “Aminin” Aplikasi Digital Pertama Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Asyiknya Ramadan di Rumah Bersama “Aminin” Aplikasi Digital Pertama Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist

Aminin Apps
JAKARTA, JO- Melengkapi momen-momen Ramadan di rumah pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebuah aplikasi baru bernama “Aminin” ini bisa menjadi solusi asyik bagi Anda untuk mempermudah umat Islam di Indonesia dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist serta pengetahuan keislaman yang lain. Aplikasi berbasis Android dan iOS ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis selama bulan Ramadan ini.

Aminin adalah aplikasi digital pertama pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist yang interaktif. Merupakan karya anak bangsa, dikemas dengan mudah untuk dimengerti, dihapal serta dialog interaktif. Fitur tersebut yaitu Al-Qur’an (Al-Qur’an digital dengan standard mushaf pojok), Latih Qur’an (media pembelajaran Al-Qur’an yang interaktif dan menyenangkan) dan Diskusi (dialog interaktif dengan ustadz secara real time).

“Agar bisa pulih dari situasi pandemiini, kita semua harus turut andil. Ikhtiar menghindari bahaya merupakan perintah agama. Kita dianjurkan untuk berusaha dan berdoa dan bertawakal. Salah satu wujud ikhtiar bagi umat Islam adalah dengan memperdalam agama Islam. Semua fitur Aminin dapat menjadi rujukan bagi umat Islam untuk memperdalam agama Islam dimanapun dan kapanpun, terlebih di bulan Ramadan,” ungkap Herujito, CEO Aminin di Jakarta, Jumat (1/5/2020).




Konten dari Aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama dan profesional dalam bidang Al-Qur’an yang bergabung di dalam Jam’iyyatul Qurra’ wal-Huffazh (JQH). Selainitu, Ustadz/Ustadzah yang dihadirkansebagainarasumberadalahmerekayang sudahberpengalaman dan tervalidasi untuk memberikanpemahaman yang akuratdan benartentang Islam.

"Dengan aplikasi Aminin semoga dapat mendorong peningkatan ibadah, pengamalan nilai-nilai agama, serta kecintaan kepada bangsa dan negara," ucap Herujito.

Menariknya, Aplikasi Aminin bisa dibilang cukup lengkap karena ada fitur penunjuk arah kiblat dan pengatur waktu salat, pengingat adzan pengingat waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan.

Selain itu ada fitur Latih Qu’ran yaitu fitur belajar Al-Qur’an yang menyenangkan dan interaktif. Terdiri dari dua level, yaitu Pemula dan Mahir, fitur ini dilengkapi skor/nilai yang mewajibkan pengguna menjawab pertanyaan dengan benar sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya.

Ketua Umum Jam’iyyatul Qurrawal-Huffazh (JQH) KH Saifullah Ma’shum menyatakan, salah satu cara untuk mendukung kegiatan beribadah puasa di rumah adalah dengan memanfaatkan kehadiran teknologi aplikasi digital. KH Saifullah Ma’shum nambahkan: “Gunakanlah aplikasi digital Al-Qur’an yang sumbernya jelas dan terpercaya, agar Anda tidak tergelincir dengan pemahaman yang keliru tentang ajaran Islam, dan dapat lebih dekat dengan ajaran Islam yang diajarkan para ulama.”

Norton home page: Cybercrime has evolved. Now, our protection has too.

Bersihkan dan Lindungi Website Anda Visit Sucuri

“Aplikasi ini seakan menjadi jawaban terhadap geliat berhijrah yang menjangkiti kalangan muda di sebagian besar wilayah Indonesia. Selama ini kalangan santri memaknai dan mengimplementasikan ajaran hijrah adalah dengan menuntut ilmu keislaman di pondok pesantren. Mengikuti perkembangan zaman, maka aplikasi digital yang terpercaya bagi umat Islam, seperti Aminin, ini dapat menjadi salah satu sarana berhijrah bagi anak muda untuk memahami ajaran agamanya, dengan pondok pesantren tetap menjadi titik episentrumnya,” sambung Saifullah Ma’shum.

Aminin merupakan aplikasi pertama belajar mengaji secara online dan interaktif berbasis Android serta iOS yang memudahkan penggunanya untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur’an serta pengetahuan agama. (jo-2)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.