Komandan Amerika Coast Guard Wilayah Pasifik berkunjung ke Markas Bakamla RI, Jakarta.
JAKARTA, JO- Komandan Amerika Coast Guard Wilayah Pasifik ( US Coast Guard Pasific Area Commander) Vice Admiral Linda Fagan mengatakan bahwa kedatangannya ke Bakamla RI merupakan pertamakalinya sekaligus perhelatan resmi dirinya ke Indonesia yang dipandang sebagai salah satu mitra strategis bagi US Coast Guard. Ia juga mengatakan, pemerintah Amerika siap mendukung Bakamla RI dalam peningkatan kapasitas.

Hal tersebut dikatakannya pada saat perwira tinggi wanita dari US Coast Guard ini berkunjung di Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No 56, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia dan berkesempatan bertandang ke Mabes Bakamla RI, terima kasih saya ucapkan atas penerimaan yang hangat dan bersahabat dari para pejabat Bakamla RI," ungkap Vice Admiral Linda Fagan.

Norton home page: Cybercrime has evolved. Now, our protection has too.

Bersihkan dan Lindungi Website Anda Visit Sucuri

Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda Bakamla TSNB Hutabarat, MMS yang menerima kedatangan petinggi US Coast Guard Wilayah Pasifik ( US Coast Guard Pasific Area Commander) itu mengatakan, merupakan suatu kehormatan bagi Bakamla RI menerima kunjungan pimpinan tertinggi US Coast Guard untuk wilayah pasifik.

Laksda Hutabarat menyampaikan pula bahwa saat ini Bakamla RI tengah memprioritaskan berbagai kerja sama guna peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan keselamatan maritim, penegakan hukum, penguatan Puskodal, pertukaran informasi maitim, serta rencana pembangunan Pusdiklat Bakamla RI.

Hubungan kerja sama US Coast Guard dan Bakamla RI saat ini telah terjalin dengan baik, bahkan pada tahun 2019 sudah dilaksanakan beberapa kegiatan bersama, antara lain perkembangan pembentukan Maritime Security Training Center di Batam, kegiatan pelatihan dasar dan lanjutan bagi personel Bakamla RI di Amerika Serikat, diantaranya Boatswain Mate, Damage Controlman, Machinery Technician, Electrician Mate, Maritime Law Enforcement Specialist, Gunners Mate, Intelligence Specialist, Health Service Technician/Medical Specialist/Corpsman, Teknisi Information System, Storekeeper, Culinary Specialist, Yeoman, dan Penyelaman.




Kedua pihak juga sering melaksanakan pertemuan berkala untuk berkoordinasi dan berkonsultasi terkait isu-isu keamanan dan keselamatan maritim dan melaksanakan latihan bersama antara US Coast Guard secara berkala dan teratur dengan mengundang mitra-mitra dari negara sahabat.

Sementara itu, Vice Admiral Linda Fagan yang tiba di Bakamla RI pada pukul 16.00 WIB, disambut jajar valreef personel Bakamla RI, kemudian diterima oleh Deputi Operasi dan Latihan (Opslat) Laksamana Muda Bakamla TSNB Hutabarat, M.M.S., mewakili Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R.

Vice Admiral Linda Fagan adalah seorang wanita perwira tinggi US Coast Guard dengan pangkat bintang tiga yang mengepalai US Coast Guard Wilayah Pasifik sejak Juni 2018.

Kehadiran Vice Admiral Linda Fagan didampingi oleh dua perwira dari US Coast Guard dan empat orang staf kedutaan Amerika Serikat di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Laksda Hutabarat didampingi Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M Latief, Direktur Kebijakan Laksma Bakamla Samuel Kowaas, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, dan Kasubbag TU Kepala Bakamla RI Letkol Bakamla Ridwansyah. (jo-17)




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.