Donald Trump dan Kim Jong Un Kembali Bertemu di Vietnam

Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un saat bertemu di Hanoi, Vietnam.
JAKARTA, JO- Pemimpin Korea Utara Kim (Korut) Jong Un dan Presiden AS Donald Trump bertemu di Vietnam pada hari Rabu (27/2/2019) untuk pertemuan puncak kedua yang diharapkan Amerika Serikat akan membujuk Korea Utara untuk menyerahkan senjata nuklirnya sebagai imbalan atas janji perdamaian dan pembangunan.

Kim dan Trump tampak berjabat tangan dan tersenyum singkat di depan deretan bendera nasional mereka di Hotel Metropole di ibukota Vietnam, Hanoi, sebelum menuju makan malam bersama.

seperti dilansir Reuters, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia pikir perundingan akan sangat berhasil. Pada pertemuan puncak bersejarah pertama mereka di Singapura Juni lalu, Trump dan Kim berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi dan perdamaian permanen di semenanjung Korea, tetapi sedikit kemajuan yang telah dibuat.

Kim mengatakan mereka telah mengatasi rintangan untuk mengadakan pertemuan puncak kedua dan memuji Trump atas "keputusan berani" untuk memulai dialog.

"Sekarang kita akan bertemu lagi di sini seperti ini, saya yakin bahwa akan ada hasil yang sangat baik bahwa semua orang menyambut, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya," kata Kim.




Trump dan Kim mengadakan obrolan 20 menit, satu lawan satu sebelum duduk untuk makan malam dengan Kepala Staf Sekretaris Negara AS Mike Pompeo Trump, Mick Mulvaney, utusan utama Kim, Kim Yong Chol, dan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho.

Pada hari Kamis, kedua pemimpin akan mengadakan serangkaian pertemuan, kata Gedung Putih. Tempat belum diumumkan.

"Kita akan memiliki hari yang sangat sibuk besok ... Mungkin makan malam yang sangat cepat," kata Trump yang tersenyum dan tampak santai, duduk di samping Kim di meja bundar bersama empat pejabat lainnya dan dua penerjemah.

"Hubungan kita adalah hubungan yang sangat istimewa."

Kim Jong Un juga tampak tenang. "Kami akan melakukan dialog yang sangat menarik," katanya kepada Trump. (jo-2)



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.