Debat Capres 1, Polda Metro Jaya Terjunkan 1.600 Personel Gabungan - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Debat Capres
JAKARTA, JO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat capres perdana pada Kamis, 17 Januari 2019 besok di Hotel Bidakara, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Untuk mengamankannya, Polda Metro Jaya akan menerjunkan 1.600 personel gabungan.

"Seluruhnya ada dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, dan stakeholder," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar, Rabu (16/1/2019).

Dalam pengamanan jalannya debat, Kapolres mengatakan tim gabungan telah membentuk pola. Pihak berwenang, kata Kapolres, akan memecah menjadi tiga kelompok. Mereka akan tersebar di tiga ring, yaitu ring satu, ring dua, dan ring tiga.

Kapolres menjelaskan ring satu bertugas mengamankan area debat bagian dalam gedung. Ring dua mengamankan area di dalam gedung. Sedangkan ring tiga dijaga oleh pasukan polantas.

"Polantas akan mengamankan kawasan jalan di sekitar lokasi debat," jelas Kapolres.




Adapun soal komposisi pembagian personel pengamaman, Kapolres mengatakan petugas akan lebih banyak tersebar di ring dua. Sebab, diperkirakan di area ini menjadi tempat berkumpul para simpatisan kedua pasangan capres.

"Di luar ada tenda yg didirikan kemudian layar lebar. Mereka nonton di sana," ujarnya.

Adapun soal perkiraan relawan atau penonton debat yang datang, Kapolres tak memperkirakan. Ia hanya menyebut kapasitas di dalam ruangan dapat menampung 500 orang.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan 100 tamu dari paslon nomor urut 01, 100 lainnya dari paslon nomor urut 02, dan 300 tamu dari undangan KPU. Meski debat capres baru dimulai besok, Kapolres mengatakan polisi telah berjaga sejak beberapa hari sebelumnya. Menurut dia, pengecekan lokasi dan upaya pengamanan sudah dimulai sejak Selasa, 15 Januari lalu. (jo-5)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.