Pushidrosal Resmi Menjadi Administrator ENC di Selat Malaka dan Selat Singapura - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Pushidrosal Resmi Menjadi Administrator ENC di Selat Malaka dan Selat Singapura


Serah terima administrator pembuatan ENC dari Chief Hydrographer Singapura Dr Perry Oei kepada Kapushidrosal Laksda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH. 
JAKARTA,JO- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) secara resmi sebagai administrator Electronic Navigational Chart (ENC) di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura, Kamis (6/12/2018)

Serah terima (handing over) administrator pembuatan ENC dari Singapura ke Indonesia ini dilaksanakan pada pertemuan The 3rd Implementation Committee Meeting Joint Hydrographic Survey of The Straits of Malacca and Singapore yang dihelat di Grand Mercure Hotel, Medan, 5-6 Desember 2018.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kapushidrosal Laksda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH yang didampingi Diropssurta Kol. Laut (KH) Drs Haris Djoko Nugroho , MSi, Kadisosemet Kol Laut Kamija, SSi, MSi serta Letkol.Laut (P) Jazim Aziz.

Serah terima administrator pembuatan ENC dilaksanakan dari Maritime and Port Authority Singapura yang diwakili Chief Hydrographer Dr Perry Oei kepada Kapushidrosal Laksda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan Kesiapan Pushidrosal menyampaikan paparan mengenai proses penyamaan sistem, standar, perangkat lunak pengolah dan kemampuan SDM Pushidrosal dalam menangani ENC.




Penyerahan administrator pembuatan ENC Selat Malaka dan Selat Singapura kepada Pushidrosal menunjukkan kepercayaan negara-negara pada tingkat regional dan dunia pelayaran Internasional kepada Pushidrosal, sekaligus memberikan apresiasi atas kinerja yg sudah dilakukan oleh Pushidrosal dalam menyiapkan peta untuk menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran.

Kerjasama survei hidrografi Negara pantai di Selat Malaka dan Selat Singapura sudah berlangsung selama 40 tahun dan Survei bersama yang dilakukan pada tahun 2018 / 2019, akan digunakan untuk pemutakhiran ENC di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura sehingga dapat menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran di kawasan tersebut.

The 3rd Implementation Committee Meeting Joint Hydrographic Survey of The Straits of Malacca and Singapore merupakan kegiatan bersama antara Indonesia dengan Singapura, Malaysia dan Jepang membahas implementasi kerjasama survei hidrografi di Selat Malaka dan Selat Singapora.

Pada pertemuan tersebut, Pihak Jepang yang ditunjuk sebagai Malacca Straits Council menyampaikan laporan tentang pertemuan pertama tentang quality assurance dan quality control hasil survei hidrografi 2018. Selain itu dibahas pula teknis pelaksanaan kerjasama survei hidrografi 2019, pengiriman berita pelaut (Notice to Mariners/NTM). (jo-17)

Diberdayakan oleh Blogger.