Kanselir Jerman Angela Markel akan Digantikan Annegret Kramp-Karrenbauer - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Kanselir Jerman Angela Markel akan Digantikan Annegret Kramp-Karrenbauer

Angela Merkel dan Annegret Kramp-Karrenbauer
JAKARTA,JO- Dalam sebuah perpisahan emosional untuk Kanselir Jerman Angela Merkel, delegasi partai Partai Uni Demokrat Kristen (CDU) berkumpul untuk memilih pengganti di Hamburg, kota tempat Merkel dilahirkan.

Merkel, 64, akan menyerahkan tongkat ke Annegret Kramp-Karrenbauer,56, sekretaris umum dari CDU dan pendukung kuat kanselir. "AKK," panggilan akrabnya, adalah kandidat yang disukai Merkel, setidaknya menurut banyak media dan analis Jerman karena kanselir tidak pernah secara terbuka mendukung siapa pun.

Kramp-Karrenbauer mengalahkan anggota partai lainnya, Friedrich Merz - pesaing kuat Merkel dan mantan pemimpin kelompok parlementer partai.

Menjelang pemungutan suara, Merkel terlihat agak lelah dan secara tidak sengaja menemukan kata-katanya selama pidato 30 menit sebelum pemungutan suara.




Namun demikian, Merkel menjaga pesannya sederhana dan lugas karena ia memiliki lebih dari 18 tahun sebagai pemimpin Demokrat Kristen.

Selama pidatonya, Merkel mendesak partai untuk bergabung bersama dan menunjukkan Jerman itu dapat memimpin negara mereka untuk melewati berbagai turbulensi, polarisasi, dan krisis seperti perang, serangan teror dan perubahan iklim.

Merkel mengatakan CDU sangat cocok untuk melakukannya jika konsisten dengan nilai-nilai inti partai ini, tetapi pada saat yang sama tetap terbuka untuk berubah dan melihat ke masa depan, bukan masa lalu. (jo-4)


Diberdayakan oleh Blogger.