KRI Dewa Kembar-932 Survei dan Petakan Perairan Pulau Laut Kalsel - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Tim inspeksi didampingi Dantim survei meninjau titik Hidro Pilar survei hidros di Pulau Laut, Kalimantan Selatan.
JAKARTA, JO- Salah satu unsur TNI AL dibawah pembinaan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melakukan survei dan pemetaan perairan Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Unit tugas dengan sandi ‘Kalinda 07-2018’ ini melaksanakan operasi survei hidro oseanografi di perairan Pulau Laut yang meliputi pengumpulan ,pengolahan dan penyajian data hidro oseanografi untuk memutakhirkan alur lintas laut, khususnya Peta Laut Indonesia (PLI) Nomor 122 serta publikasi nautika guna menjamin keselamatan bernavigasi bagi pengguna laut yang melaksanakan pelayaran dari Laut Jawa menuju Selat Makassar maupun sebaliknya yang melewati perairan Selatan Pulau Laut

Data hasil survei tersebut juga dapat digunakan bagi Pemerintah Daerah setempat sebagai acuan utk penelitian dinamika sumber daya kelautan serta pembangunan infrastruktur kelautan di daerah survei.

Fungsi KRI Dewa Kembar-932 ini dimaksudkan sebagai sbg floating base mengingat area survei merupakan daerah terpencil dengan akses yang sangat terbatas sehingga dapat menghambat dukungan logistik selama pelaksanaan operasi. Hal ini membuat fungsi KRI mutlak dibutuhkan.

Unit Tugas Survei dibawah pimpinan Komandan Tim Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, ST, yang yang sekaligus sebagai Komandan KRI Dewa Kembar ini melaksanakan operasi survei dengan kegiatan yang meliputi pengukuran kedalaman laut (Bathimetry), investigasi bahaya pelayaran, pencitraan dasar laut dengan menggunakan side scan sonar.

Selain itu, Verifikasi sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP), pengukuran pasang surut air laut, pengukuran arus dan gelombang laut, pengukuran sedimentasi, pengambilan contoh dasar dan air laut, pengamatan unsur-unsur meteorologi, serta pengumpulan data-data geografi maritime.

Untuk menjamin keakuratan data yang dihasilkan operasi sesuai dengan standar Internasional Hydrographic Organization (IHO), dilaksanakan inspeksi survei Hidros oleh Direktur Personel (Dirpers) Pushidrosal Kolonel Laut (S) Suhartoyo yang didampingi Letkol Laut (KH) Kukuh Suryo Widodo.

Pada inspeksi ini, tim inspeksi Pushidrosal menerima paparan perkembangan pelaksanaan survei dari Komandan Tim Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, ST dan mengadakan peninjauan langsung pelaksanaan operasi survei hidros yang telah dilaksanakan oleh Unit Tugas Survei apakah sesuai dengan perencanaan dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. (jo-17)

Diberdayakan oleh Blogger.