Kapal Motor dari Samosir Borong Juara Kelaikan Kapal Piala Kapoldasu di Danau Toba - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Kapal Motor dari Samosir Borong Juara Kelaikan Kapal Piala Kapoldasu di Danau Toba

KM Leo Star
PARAPAT, JO- Kapal motor dari Kabupaten Samosir memborong juara perlombaan kelaikan, keselamatan dan kebersihan kapal motor GT-10 di perairan Danau Toba, memperebutkan Piala Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto, SH.

Perlombaan ini mulai pendaftaran sejak bulan Oktober dan penilaian dilakukan pada bulan November 2018, diikuti oleh puluhan kapal motor yang ada di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

Sedangkan acara puncak dan pembagian hadiah dilaksanakan di Pantai Bebas Parapat, kabupaten Simalungun, Senin (12/11/2018).

Polres Samosir, melalui Polsek Simanindo sebagai panitia daerah menyertakan 12 kapal motor kayu yang ikut perlombaan ini, dan berhasil "memborong" sejumlah juara, antaralain Juara I KM Sumber 1 dari Tomok Lopo Perindo, Kecamatan Simanindo, Samosir; kemudian Juara III KM Dosroha 5 Tomok Tour, asal Kecamatan Simanondo; Juara Harapan I KM Leo Star Tomok Tour, Kecamatan Simanondo; Juara Harapan II KM Murni Tomok Tour, Kecamatan Simanindo; Juara Harapan III KM Soluna 2 Onanrunggu, Samosir.

Dari daftar pemenang, otomatis hanya Juara II saja yang lepas dari Samosir, yaitu KM Patra Jasa dari Parapat, Simalungun.

Kapal-kapal asal Kabupaten Samosir yang ikut lomba ini adalah:

1. No urut 46 KM Dos roha 2, asal Kecamatan Simanindo
2. No urut 54 KM Murni S Tomok, asal Kecamatan Simanindo
3. No urut 55 KM Leo Star, asal Kecamatan Simanindo
4. No urut 56 KM Dos Roha 1, asal Kecamatan Simanindo
5. No urut 57 KM Rodame, asal Kecamatan Simanindo
6. No urut 58 KM Sumber 1, asal Kecamatan Simanindo
7. No urut 59 KM Lopo Perindo, asal Kecamatan Simanindo
8. No urut 60 KM Dosroha 5, asal kecamatan Simanindo
9. No urut 61 KM Anugerah, asal Kecamatan Simanindo
10. No urut 62 KM Rogabe, asal Kecamatan Nainggolan
11. No urut 63 KM Soluna, asal Kecamatan Onanrunggu
12. No urut 64 KM Holden, asal Kecamatan Onanrunggu

"Jadi ada sebanyak 12 unit pemilik kapal motor kayu se-Kabupaten Samosir ikut serta diperlombaan kelaikan, keselamatan, dan kebersihan Kapal Motor GT-10 di perairan Danau Toba memperebutkan Piala Kapoldasu yang berlangsung hari ini," kata Kapolsek Simanindo Iptu TL Tobing, kepada Jakarta Observer sebelum acara puncak lomba, dan memastikan peserta kapal motor kayu sudah dipasangi nomot urut.




"Dan hari ini semua sudah siap untuk mengikuti perlombaan Piala Kapolda Sumut," ucapnya.

Menurut Iptu TL Tobing perlombaan Kelaikan kapal motor oleh Polda Sumut, bertujuan untuk mensosialisaikan tertib izin dan sertifikasi bagi pemilik kapal motor tradisonal, agar memberi rasa nyaman kepada para penumpang yang naik di kapal motor tradisional tersebut.

Tobing menambahkan bahwa Kelaikan, Keselamatan dan Kebersihan kapal motor akan berdampak kepada keyakinan penumpang menggunakan kapal kapal motor tradisonal menuju objek wisata Danau Toba.

“Wisatawan akan nyaman, dan tingkat kunjungan wisatawan ke Danau toba juga akan meningkat,” imbuhnya. (fsrt)







Diberdayakan oleh Blogger.