Empat Puskesmas di Samosir akan Dilakukan Akreditasi FKTP - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Tim surveyor akreditasi Fasilitas Kesehatan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ramah-tamah dengan Bupati Samosir Rapidin Simbolon.
PANGURURAN, JO- Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melakukan akreditasi empat puskesmas di Samosir yaitu Puskesmas Sistem Simarmata, Puskesmas Mogang, Puskesmas Onanrunggu dan Puskesmas Ambarita.

Sebelum survei, tim melakukan ramah-tamah dengan Pemerintah Kabupaten Samosir di rumah dinas bupati, Minggu (11/11/2018).

Ketua Tim Surveyor Dr Evi Derma Sastiva, MPPM, dalam perkenalan timnya menyampaikan bahwa selama satu minggu tim akan melakukan survei ke puskesmas-puskesmas tersebut.

Tim yang akan dibagi kedalam dua tim kecil akan survei mengenai fasilitas dan pelayanan puskesmas tersebut untuk selanjutnya di sampaikan kepada Komisi Akreditasi FKTP untuk mendapat penilaian.

Tim yang berjumlah enam orang tersebut akan terjun ke lapangan melihat situasi dan kondisi puskesmas yang akan dinilai.

Kepala Dinas Kesehatan dr Nimpan Karo-Karo dalam laporannya menyampaikan bahwa Akreditasi adalah salah satu bentuk upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan termasuk untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP). Saat ini telah terakreditasi sebanyak 4.223 puskesmas dari 9.825 puskesmas yang ada di Indonesia.




"Empat puskesmas di Kabupaten Samosir akan melakukan proses akreditasi. Saya selalu meninjau Puskesmas-puskesmas tersebut saya yakin akan mendapat akreditasi terbaik," ucap Nimpan.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan sangat mendukung program akreditasi ini, dan meyebut setiap puskesmas akan terus berbenah untuk memperbaiki diri demi pelayanan terbaik.

Pada kesempatan tersebut bupati menanyakan kesiapan para kepala puskesmas dan tim yang hadir pada acara tersebut apakah sudah siap dinilai dengan penuh semangat mereka menjawab siap.

Bupati juga menyampaikan bahwa proses penilaian / akreditasi bertujuan untuk pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, jangan hanya pada saat tim penilai datang semua jadi baik tapi harus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

"Pasien akan semakin cepat sembuh jika kita memberikan pelayanan terbaik dengan penuh sukacita dan senyum ramah. Saya yakin dan percaya para petugas medis di Kabupaten Samosir sudah memberikan pelayanan terbaik," ucap Rapidin.

Tampak hadir dalam acara ramah tamah tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rudi Siahaan, Kepala Bidang Kominfo Ricky Rumapea, para Kepala Bidang di Dinas Kesehatan, para Kepala Puskesmas yang akan dinilai beserta atasnya. (fsrt)


Diberdayakan oleh Blogger.