Sudis SDA Kuras Saluran dan Siagakan Pompa Atasi Banjir - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Sudis SDA Kuras Saluran dan Siagakan Pompa Atasi Banjir

Sudis Jakarta Barat siaga banjir.
JAKARTA,JO-Wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai memasuki musim hujan. Untuk menghadapi kejadian banjir dan genangan, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudis SDA) Jakarta Barat gencar melakukan pengurasan saluran penghubung (PHB) dan saluran saluran dipemukiman warga serta kesiapan pompa dan personil siap siaga.

Kasudis SDA Jakarta Barat H Imron menyampaikan, untuk mengantisipasi banjir dan genangan, semua sarana dan prasarana kita siapkan dengan maksimal. Tidak hanya itu, pasukan biru yang tersebar 100 orang di tiap Kecamatan,setiap hari melakukan pengurasan saluran dan memastikan tali tali air mengalir lancar.

"Saat ini telah dilakukan normalisasi saluran dan PHB pada daerah rawan genangan, " kata Imron kepada wartawan, Rabu (24/10/2018).

Imron menambahkan, pihaknyai juga menyiagakan sebanyak 23 pompa mobil untuk penanganan genangan dan 35 rumah pompa dangan jumlah 100 pompa stationer dalam kondisi baik.

Sementara Iksan salah seorang warga yang tinggal di sekitar Rawa Buaya mengatakan, dengan turunnya hujan beberapa hari ini mulai ada rasa cemas, karena daerah saya tinggal sering kebanjiran.

"Mudah-mudahan sih ngga seperti beberapa tahun sebelumnya ketinggian air hingga 1.5 m setara dengan seleher orang dewasa,."ungkapnya.

Suharsono, petugas penjaga pompa PHB Bojong, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat menuturkan segala bentuk persiapan menjelang musim hujan dirinya dan tim lainya siap bekerja siang maupun malam hari. Menjaga pompa dan mengoperasikan itu sudah menjadi tanggung jawab sebagai pekerja demi warga supaya tidak kebanjiran.




Masih kata Suharsono, dia bekerja di Sudis SDA sejak 2015 setelah rumah pompa PHB Bojong dibangun pada 2014. Dia beryukur dan tertolong karena bisa bekerja disini, dan bisa memenuhi kebutuhan hidup.

"Saya senang bekerja sebagai penjaga pompa PHB Bojong Rawa Buaya dan siap melaksanakan tugas siang dan malam untuk tangani banjir mengingat curah hujan beberapa hari ini intensitasnya cukup tinggi," ucapnya.

Sudarsono yang didampingi Atep rekan satu kerjanya sebagai penjaga pompa telah siap siaga sembari memperlihatkan beberapa panel listrik dan genset sebagai pengganti jika listrik padam yang siap dioperasikan kapan saja untuk membantu meminimalisir banjir. (jo-6)
Diberdayakan oleh Blogger.