Asian Games 2018
JAKARTA,JO- Pesta olahraga Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Indonesia (Jakarta-Palembang) harus sukses, karena hal ini menyangkut harga diri bangsa. Terima kasih kepada semua jajaran TNI-Polri dan komponen lain yang sudah menunjukan kesiapannya untuk menyukseskan kegiatan yang bergengsi ini.

Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP saat memberikan pengarahan kepada unsur Komandan Pengamanan Pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018, terdiri dari unsur jajaran TNI-Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018).

Panglima TNI menyampaikan bahwa kemungkinan gangguan dan ancaman yang paling menonjol pada pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 yaitu ancaman teroris dan gangguan asap akibat kebakaran hutan khususnya di Sumatera Selatan, termasuk mewaspadai aksi pihak-pihak yang memanfaatkan momen Asian Games untuk kepentingan tertentu. “Kemungkinan adanya unjuk rasa dan tindak kriminal oleh pihak tertentu juga harus diantisipasi sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Khusus gangguan asap di Sumatera Selatan, TNI telah melakukan berbagai upaya pencegahan diantaranya modifikasi cuaca dengan hujan buatan dan alat detector untuk mendeteksi gambut yang kering selanjutnya disiram dengan air agar terjaga kelembabannya,” ungkapnya.




Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Palembang ada 55 desa yang kemungkinan menimbulkan asap terbanyak. “Di desa-desa tersebut saat ini kita tempatkan personel TNI, Polri dan komponen masyarakat lainnya untuk menetap di sana, mereka berbivak menunggu supaya tidak ada asap sesuai harapan kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan perlunya koordinasi dari semua pihak terkait kegiatan awal, pelaksanaan hingga penutupan Asian Games. “Ini kegiatan besar dan pasti banyak dinamika perubahan yang besar terjadi di lapangan, sehingga saya minta semua pihak harus proaktif untuk mengantisipasinya,” katanya.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Wakil Ketua Pelaksana INASGOC Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Kepala BIN Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana WK, Ketua Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, SIP, MHum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, Asops Kapolri Irjen Pol Drs Deden Juhara, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, para Asisten Panglima TNI dan Kapolda Banten Brigjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. (jo-17)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.