Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan Kunker di Samosir - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Luhut Panjaitan
SAMOSIR, JO- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal (Purn) TNI Luhut Binsar Panjaitan, Jumat (13/7/2018) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Samosir untum meninjau beberapa pekerjaan proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pantauan di lapangan, hingga pukul 10.30 WIB, rombongan Menko Maritim belum tiba di Samosir, namun beberapa kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengamanan, tim Basarnas, dan ratusan pelajar sudah standby menunggu di lapangan Holang-holang, Kelurahan Pintusona, lokasi pendaratan helikopter.

Menurut agenda, Luhut Binsar Panjaitan, setelah mendarat di Pintusona, akan langsung bertolak menuju lokasi proyek pembangunan alur Tano Ponggol. Dan di lokasi, tempat acara penyambutan sudah terlihat standby untuk menjamu kunker rombongan.

Di lokasi acara di Tano Ponggol, terlihat sudah terpampang progres pembangunan alur Tano Ponggol, di mana untuk masalah pembebasan lahan alur Tano Ponggol masih dalam proses.

Terpampang, pengadaan tanah masih dalam proses dengan permasalahan, 8 bidang tanah dalam proses konsinyasi, dan 1 bidang lagi (Desa Lumban Silo) dalam proses relokasi.

Proyek pelebaran alur Tano Ponggol oleh pengguna jasa Balai Wilayah Sungai (BWS) II SNVT pembangunan bendungan BWS II, dan kontraktor pelaksana Basuki-Sacna, KSO, nilai kontrak Rp 313.339.211.900 (termasuk PPN), tanggal kontrak dan SPMK 22 Desember 2017, APBN TA 2017-2019.

Masa pelaksanaan 730 hari, terhitung sejak tanggal 22 Desember 2017 sampai dengan tanggal 22 Desember 2019. Masa pemeliharaan 365 hari kalender dari APBN.

Konsultan supervisi PT Wiratman-PT Suwanda Karya Mandiri-PT Teknika Cipta Konsultan-PT Vini Nusantara Consultant-(KSO) dengan nilai kontrak Rp 16.152.840.000 (termasuk PPN), tanggal kontrak 22 Desember 2015.



 


Rencana pelebaran alur Tano Ponggol, dari lebar sebelumnya 25 meter menjadi kurang lebih 70 meter, penambahan kedalaman sampai 5,4 meter dibawah kedalaman air minum, dan menyediakan sempadan alur selebar 10 meter (kiri) dan 10 meter (kanan) yang akan digunakan sebagai area publik yang berwawasan wisata.

Menurut agenda kunker rombongan Menko Maritim ke Kabupaten Samosir yang dihimpun Kamis 12/7/2018. rombongan direncanakan berangkat dari Bandara Silangit menuju Pintusona Pangururan, pukul 10.30 WIB.

Tiba di Samosir, langsung menuju lokasi proyek jembatan dan pelebaran alur Tano Ponggol, meninjau realisasi dan ekspose progres pembangunan Tano Ponggol yang pengerjaannya sudah dimulai pada Februari lalu.

Selain meninjau Tano Ponggol, juga akan meninjau realisasi dan ekspose rencana pembangunan pelabuhan kapal feri dan kapal penumpang di pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo.

Kemudian, Menko Maritim juga diagendakan meninjau pelabuhan Tomok dan destinasi wisata Sigale-gale, sebelum kembali ke Bandara Silangit menggunakan helikopter. (fsrt)






Diberdayakan oleh Blogger.