Presiden Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus UIII di Cimanggis, Depok, Selasa 95/6/2018).
DEPOK, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa (5/6/2018) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Gedung Pemancar LPP RRI Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/6/2018) pagi.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menristek Dikti Mohamad Nasir, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Depok Mohammad Idris, dan para Duta Besar Negara Sahabat.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengemukakan, rencana pembangunan kampus pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia itu sudah dua tahun ini dimatangkan. Semula, Presiden berharap kampus tersebut bisa didirikan di atas lahan seluas lebih 1.000 hektar. Tapi ternyata lahan 1.000 hektar lebih di Jawa ini sangat sulit sekali, yang didapat hanya 142 hektar.

“Setelah melihat di lapangan tadi, saya juga kaget, ternyata 142 hektar itu juga sebuah lahan yang sangat luas. Alhamdulillah, saya nggak bayangkan kalau dapat yang 1.000 hektar,” kata Presiden Jokowi.




Presiden berharap Universitas Islam Internasional Indonesia ini benar-benar nanti menjadi pusat kajian, menjadi pusat penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia. Hal ini karena Indonesia dikenal sekarang ini di dunia sebagai negara besar, negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Sudah sewajarnya, sudah sepantasnya, sudah sepatutnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah nanti tempatnya,” ujar Presiden Jokowi.

Pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia yang membutuhkan biaya Rp3,5 triliun ini, menurut Presiden, masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Tahun ini akan dimulai dengan anggaran Rp700 milliar, dan diperkirakan akan selesai kurang lebih 4 tahun.

“Tapi tahun depan Insyaallah sudah bisa kita gunakan kampus ini untuk satu, dua, tiga program studi (prodi) yang sudah kita siapkan,” ungkap Presiden Jokowi.

Selanjutnya, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Presiden Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia itu. (jo-2)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.