Kejuaraan Lomba Solu dan Catur Resmi Ditutup - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Para pemenang lomba solu dan catur yang digelar Bara JP/ Bara Joss Kabupaten Samosir.
TOMOK, JO- Kejuaraan solu parsadaan resmi ditutup Ketua Bara JP/Bara Djoss Kabupaten Samosir di Pantai Villa Lyla Tolping, Desa Martoba, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (29/4/2018).

Kejuaraan dipandu Sekretaris Bara Djoss Feriasi Sirait diawali doa pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ketua Panitia Pelaksana V Marolop Silalahi dalam laporan mengatakan Kejuaraan Perlombaan Solu Parsadaan dan lomba catur yang digelar mulai tanggal 14 -29 April 2018 di Markas Bara Djoss Kabupaten Samosir Vila Lyla, Pantai Tolping dengan peserta solu parsadaan 60 orang dan peserta lomba catur 40 orang dengan keseluruhan 100 orang peserta.

Ketua Bara JP / Bara Djoss Kabupaten Samosir Roin Siallagan dalam sambutannya mengatakan perlombaan ini bagian dari kegiatan ormas Bara JP dan Bara Djoss untuk memotivasi masyarakat sekitar Danau Toba untuk melestarikan budaya solu di perairan Danau Toba khususnya di Kabupaten Samosir, dan dibiayai secara mandiri oleh Roin Siallagan.

Lebih lanjut Roin mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk mengembangkan wisata kearifan lokal sembari menyongsong Pemilihan Gubernur Sumatera Utara tanggal 27 Juni mendatang.




Ratusan pengunjung ramaikan final sekaligus penutupan perlombaan solu parsadaan dan lomba catur. Saat penutupan itu, diadakan pula lomba solu kaum ibu ibu dengan sorakan penonton dan lomba makan krupuk anak-anak.

Lomba solu juara 1 Sangap Sinaga, Desa Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo dengan hadiah Rp3 juta, medali emas dan piagam. Juara 2 J Alfres Bakkara, asal Lbn Tapian, Desa Ambarita, memperoleh hadiah Rp2 juta, medali perak dan piagam. Juara 3 Patar Ambarita dari Lbn Tapian, Desa Ambarita dengan hadiah Rp 2 juta medali perunggu, dan piagam. Juara harapan 1 Ramses Samosir, asal Desa Martoba memperoleh hadiah Rp500 ribu dan piagam.

Lomba catur, juara 1 Riman Siaduruk dari Desa Simanindo hadiah Rp3 juta, medali emas dan piagam. Juara 2 Wisker Sihaloho dari Desa Parbaba, Kecamatan Pangururan hadiah Rp2 juta, medali perak dan piagam. Juara 3 Sabungan Sitanggang dari Desa Sabungan Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta hadiah Rp 1 juta, medali perunggu dan piagam. Juara harapan 1 Risman Sipayung Jakarta.

Tampak para pengurus Bara JP /Bara Djoss Kabupaten Samosir tokoh pemuda Kecamatan Simanindo Tua Siallagan, tokoh masyarakat Ronggur Nihuta Tomu Raja Tamba, tokoh masyarakat Kecamatan Simanindo Harry Boss Sidabutar, Kepala Desa Martoba Nasib Silalahi, dan lainnya. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.