Delegasi TNI saat mengikuti Kongres Kesehatan Dunia ICMM di New Delhi, India.
JAKARTA, JO- Delegasi Indonesia dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipimpin oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr Ben Yura Rimba, MARS., mengikuti Kongres Kesehatan Dunia / International Committee on Military Medicine (ICMM) di Vigyan Bhawan, New Delhi, India.

Kongres Kesehatan Dunia yang berlangsung mulai tanggal 19 s.d 25 November 2017 diikuti 110 negara, dengan berbagai profesi seperti Dokter Umum dan Spesialis, Dokter Gigi, Perawat, Farmasi, Dokter Hewan, Kesehatan Lingkungan, Rumah Sakit, Lembaga Riset, Fakultas Kedokteran Militer, Industri Kesehatan (alat kesehatan, obat, pendukung kesehatan).

Ketua Umum ICMM Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpR (K) RI, yang sehari-hari menjabat Kepala RSPAD Gatot Soebroto memberikan penekanan tentang perlunya ketahanan kesehatan global, pentingnya kolaborasi militer, sipil dan swasta serta pengaruh teknologi pada masa depan kesehatan militer.

Turut serta dalam Delegasi TNI, diantaranya Kapuskesad Mayjen TNI dr Bambang, SpB, MM, Kepala RSPAD Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpR (K) RI, Dirkes Kuathan Kemhan Laksma TNI dr Arie Zakaria, Kakomed RSPAD Brigjen TNI dr Alexander K Ginting S,SpP, Kabidum Puskes TNI Kolonel Kes dr Iwan Trihapsoro dan Kaunit Kermabaktikes Puskes TNI Kolonel Laut (K) dr Suswardhana, MKes,SpKK.

Pada pelaksanaan Kongres tersebut, Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpR (K) RI yang telah memimpin selama dua tahun (2015-2017) sebagai Ketua Umum ICMM menyerahkan jabatannya kepada Letjen Bipin Puri (India), karena sudah berakhir masa tugasnya.

Dihadapan peserta Kongres International Committee on Military Medicine, Sekjen ICMM Mayjen (Purn) Roger Van Hoof memuji kinerja dr. Terawan sewaktu menjabat sebagai Ketua Umum ICMM. Menurutnya, selama masa kepemimpinan dr. Terawan berbagai kegiatan ilmiah telah dilaksanakan diberbagai dunia, seperti seminar, workshop dan training. “Selama kepemimpinan beliau, berbagai kegiatan mengutamakan prinsip-prinsip friendship, interoperability dan sharing of knowledge,” ucapnya.

Disela-sela pelaksanaan Kongres ICMM, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba selaku Ketua Delegasi TNI melaksanakan bilateral meeting dengan Kapuskes Militer Russia. “Militer Rusia akan mengundang TNI mengikuti Medical Race dalam International Army Games bulan Juli 2018 dan mengundang Kesehatan TNI untuk mengunjungi Military Medical Collage di Moskow pada Maret 2018,” kata Kapuskes TNI.

Menurut Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, apa yang disampaikan oleh Kapuskes Militer Rusia sangatlah bermanfaat mengingat keinginan Kesehatan TNI mendirikan Fakultas Kedokteran Militer. Disamping itu, kunjungan ke Military Medical Collage Rusia bagi tim Kesehatan TNI sangatlah penting dan dapat dijadikan studi perbandingan.

Sementara itu, pada saat mengunjungi WHO Regional Office of South-East Asia (SEARO) di Kota New Delhi, India beberapa waktu lalu, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerja sama antara TNI dengan SEARO, diantaranya bidang national preparedness, pandemi, ketahanan kesehatan global, CBRN, food safety dan International Health Regulations (IHR).

“Tentara Nasional Indonesia telah berusaha membangun kerja sama sipil dan militer dengan menggandeng WHO guna mempercepat perwujudan International Health Regulations,” katanya.

Selanjutnya menyampaikan bahwa Indonesia, Thailand dan India termasuk negara dengan prioritas ketiga, karena jumlah penduduk dan resiko bencana. “TNI harus serius dalam menangani global health security, karena dimasa depan siapa yang menguasai kesehatan akan mengontrol dunia,” tegasnya.

Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba juga mengatakan bahwa Table Top Exercise dalam bidang Global Health Security merupakan kerja sama TNI dengan Kemkes, Kemlu dan WHO yang dilaksanakan pada bulan Oktober lalu, diikuti 50 negara dan dibuka oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. (jo-17)

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.