Mulai Hari Ini, Sistem Ganjil Genap dari Semangi Hingga Kuningan Ditiadakan

Ganjil genap. (Ilustrasi)
JAKARTA, JO- Terhitung mulai Senin (10/4/2017) hari ini, Dishub DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda Metro Jaya meniadakan aturan sistem ganjil genap dari Semanggi hingga Kuningan.

Peniadaan aturan ganjil genap ini berlaku hingga waktu yang belum ditentukan, yang dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Gatot Subroto, yang merupakan imbas pembangunan fly over Pancoran dan underpass Kuningan.

Menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, hari ini, uji coba ini untuk mendukung sistem contra flow yang setiap pagi diterapkan di dalam tol. Dengan begitu, kendaraan yang keluar sekarang bisa di Exit Semanggi juga tanpa sistem ganjil genap.

Dikatakan, sistem contra flow telah diberlakukan sejak lama untuk mengurai kemacetan. Namun upaya itu terkendala menumpuknya kendaraan yang keluar di Kuningan untuk menghindari penerapan sistem ganjil genap.




AKBP Budiyanto sendiri mengaku belum bisa memastikan sampai kapan uji coba peniadaan aturan ganjil genap Semanggi-Kuningan ini berlaku. "Nanti dievaluasi secara bertahap. Tapi ganjil genap untuk Jalan Sudirman dan jalur lainnya masih tetap berlaku seperti biasa," jelasnya.

Selain peniadaan aturan ganjil genap, sejumlah rekayasa lalu lintas juga diterapkan untuk mendukung proyek pembangunan fly over Pancoran dan underpass Kuningan itu. Salah satunya adalah penutupan jalan dari arah timur ke barat di perempatan Pancoran dari pukul 23.00-04.00 WIB.

Penutupan jalan untuk pembangunan ini diperkirakan memakan waktu sepekan. Petugas juga akan menambah time periode lampu lalu lintas dari arah timur di persimpangan Kuningan menjadi 180 detik.

Perpanjangan waktu lalu lintas itu diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan di pagi hari. Dishub DKI juga membongkar separator busway di ruas Tegal Parang arah persimpangan Kuningan. Dengan begitu, lajur tersebut dapat digunakan bersama-sama antara bus Transjakarta dengan kendaraan umum. (jo-5)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.