Kartu Kredit dengan Fasilitas Diskon Hingga 50 Persen? Awas Anda Tertipu

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Pernah menemukan sekelompok orang yang menawarkan kartu kredit yang memberikan kemudahan diskon pembelian barang hingga 50 persen? Hati-hatilah mereka mungkin sedang mengintai Anda menjadi korban berikutnya.

Modus kejahatan ini terungkap setelah Polresta Depok berhasil membekuk 5 orang komplotan penipu ini. Kelima pelaku yang diringkus yakni, Pebriyanto, 33; Prasetyo alias Toni alias Tio, 35; Gapur alias Apung, 34; Kurniawan alias Adit, 2, dan Sri Widiastuti, 34. Dari kelima pelaku, hanya satu pelaku yang tidak ditahan karena sedang hamil.

Wakil Kapolresta Depok AKBP Faizal Ramadhani mengatakan, kelima pelaku ini memiliki pran masing-masing di antaranya, dua pelaku mengumpulkan data nasabah dan nomor telepon. Kedua tersangka ini dengan mudah mendapatkan data karena sebelumnya pernah bekerja di perusahaan kartu kredit.

Untuk meyakinkan korbannya, para tersangka kemudian membuat perusahaan palsu yang bergerak dibidang kartu kredit.

"Mereka menelepon secara acak dengan modus menawarkan kartu kredit yang jika dibelanjakan maka pengguna akan mendapat diskon 50%," kata AKBP Faizal.

Setelah korban tertarik barulah pelaku lain datang ke rumah korban dan memberikan kartu kredit palsu. Selanjutnya, pelaku memberikan syarat agar korban memberikan kartu kredit asli dan menggesek di mesin electronic data capture (EDC) yang dibawa pelaku.

"Korban tidak sadar jika pelaku telah mengambil kartu kredit aslinya, yang katanya sudah terintegrasi dengan kartu palsu yang diberikan tadi," ungkapnya.




Setelah kartu palsu diberikan kemudian para pelaku meninggalkan korban.

Namun secara diam-diam, para pelaku menuliskan sejumlah nominal di mesin EDC tanpa sepengetahuan korban. "Dari hasil penyelidikan sementara korbannya berjumlah sembilan orang dengan kerugian bervariasi," ujarnya.

Salah seorang pelaku, Prasetyo mengatakan, dalam beraksi dirinya berperan sebagai manager. Sedangkan Sri Widiastuti menjadi pengumpul data base nasabah kartu kredit. Kurniawan sebagai penyedia fasilitas, Periyanto dan Gapur sebagai kurir pengantar kartu reward.

"Mereka teman-teman mantan karyawan di perusahaan perbankan serta jasa keuangan," katanya.

Dari satu korban, lanjut Prasetio, biasanya mereka menggesek uang jutaan rupiah.

"Uang itu buat kebutuhan sehari-hari. Pembagiannya, leader dapat 15 persen, kurir 15 persen, marketing/database 20 persen, pemilik mesin 15 persen dan penyedia fasilitas 35 persen," katanya. (jo-5)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.