Kini 45 Alat Berat Sudah Beroperasi di Bantar Gebang - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Alat berat di Bantar Gebang.
JAKARTA, JO- Jika sebelum ini alat berat yang beroperasi di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi hanya 45 buah, kini Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan penambahan hingga 15 unit, sehingga total armada alat berat sudah mencapai 60 buah.

Penambahan alat berat ini diharapkan bisa mengatasi antrean dan memangkas waktu tinggal (dwelling time) truk sampah saat membuang sampah di tempat pengolahan sampah terbesar di Indonesia tersebut.

“Kami sudah menambah 15 armada alat berat lagi, sehingga total kami mengunakan 60 alat berat di TPST Bantar Gebang. Semuanya sekarang sudah beroperasi,” kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji, di Jakarta, Minggu (27/11).

Dikatakan, penambahan ini untuk mengoptimalkan pengelolaan TPST Bantar Gebang secara swakelola.Dengan jumlah total 45 ini, saat ini sudah sama dengan jumlah alat berat yang digunakan pengelola swasta sebelumnya.




Menurutnya lagi, pihaknya melakukan pengadaan sebanyak 45 alat berat untuk penanganan sampah di TPST Bantar Gebang. Pengadaannya mengunakan APBD Murni dan Perubahan 2016.

Rinciannya, kata Adji, alat berat berjenis Eskavator sebanyak 18 unit, 14 unit Dozer, 2 unit Eskavator Long Arm, 6 unit Wheel Loader dan 5 unit Refuse Compactor.

Sementara itu, Kepala Unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, unit yang dipimpinan berupaya memperbaiki mengelola TPST Bantar Gebang.

Pemprov DKI Jakarta, kata Asep, melakukan pengambil alihan (take over) pengelolaan TPST pada Juli 2016 dari pihak ketiga, karena sebelumnya pengelolaan TPST Bantar Gebang dinilai tidak optimal.

“Saat ini, kami sudah melakukan penambahan alat berat, perbaikan jalan di dalam TPST, perbaikan instalasi pengelolaan air sampah, dan membangun pencucian mobil. Yang terpenting kami akan menerapkan standar sanitary landfill yang benar,” sambung Asep. (jo-9)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.