Pemprov DKI akan Bantu Penghuni Rusun untuk Bangun Usaha - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta akan memberikan bantuan usaha bagi warga rumah susun di DKI Jakarta. Hal itu untuk menambah penghasilan penghuni rusun.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) di Jakarta, Selasa (18/10), diantara usaha yang bisa dilakukan warga penghuni rusun adalah dalam hal peternakan, usaha kecil seperti jahit-menjahit dan lainnya.

Itu sebabnya, Ahok meminta penghuni rusun untuk melatih dan meningkatkan keterampilan.

"Kita akan menyediakan kesempatan bagi warga yang rajin dan bisa menjahit untuk mengerjakan pembuatan sprei, bantal dan guling," tandasnya.

Selain itu, usaha lain juga seperti beternak lele bisa saja dilakukan. "Yang mau kelola ikan lele nanti sistemnya bagi hasil 80 persen untuk yang kerja dan 20 persen untuk pemerintah," sambung Ahok.

Sebelumnya, Ahok juga mengatakan Pemprov DKI akan mengubah pemberian bantuan usaha kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ibukota. Bantuan tidak lagi melalui koperasi, melainkan langsung diberikan kepada pelaku usaha.




Dikatakan, bantuan melalui koperasi selama ini tidak berjalan dengan maksimal. Untuk itu pihaknya mencoba untuk mengubah pola pemberian bantuan.

"Dulu kalau mau bantu usaha kecil mereka dipaksa masuk koperasi. Sekarang saya enggak mau. Saya mau ubah," kata Ahok.

Pihaknya, telah melakukan uji coba pemberian bantuan modal tanpa koperasi ini di Kepulauan Seribu. Beberapa nelayan diberikan modal untuk mengembangkan usahanya. Bantuan yang diberikan ini ada bagi hasil yakni 80:20. Sebanyak 80 persen merupakan milik nelayan, sisanya 20 persen diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Ikan kerapu di Kepulauan Seribu kalau panen bisa Rp 350 ribu satu kilogram. Bagi hasilnya nanti 80 persen untuk yang kerja dan 20 persen untuk kami," katanya. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.