Danlantamal III Jakarta Resmikan Peningkatan Fasilitas Pelayanan Rumkital Jonggol

Peresmian pelayanan Rumkital Jonggol, Selasa (26/4).
JAKARTA, JO- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) RM Trusono, SMn, diwakili PLH Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Kolonel Laut (T) Wisnu Sumarto, ST, MSi (Han) meresmikan peningkatan fasilitas pelayanan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Jonggol di Komplek TNI Angkatan Laut Jonggol, Selasa (26/4).

Dalam amanatnya Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) RM Trusono, SMn menyampaikan bahwa, dewasa ini masyarakat semakin terbuka dalam memberikan kritik bagi pelayanan publik.

Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakn oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. Reformasi dibidang kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No951/Menkes/SK/VI/2000 yaitu tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Lebih Lanjut Danlantamal III Jakarta mengatakan, meningkatnya tingkat pendidikan dan keadaan sosial dalam masyarakat, maka meningkat pula kesadaran akan arti hidup sehat sehingga timbul tuntutan masyarakan akan pelayanan kesehatan yang bermutu, nyaman dan berorientasi pada kepuasan konsumen yang semakin mendesak.

Diperlukan kinerja pelayanan yang tinggi dan profesional sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tetang Pemerintahan Daerah pada Bab IV Pasal 11 Ayat (2) Ditetapkan bahwa Bidang Pemerintahan Yang Wajib Dilaksanakan Oleh Daerah Kabupaten dan Daerah Kota salah satunya adalah Bidang Kesehatan.

Pemerintah kabupaten dan pemerintah kota bertanggung jawab sepenuhnya dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayahnya, dengan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Adapun proses pelayanan berkaitan dengan ketersediaan sarana kesehatan yang terdiri dari pelayanan kesehatan dasar meliputi:Puskesmas, Balai Pengobatan, pelayanan rujukan yaitu Rumah Sakit, ketersediaan tenaga kesehatn, peralatan dan obat-obatan.

Keberhasilan Rumkital Jonggol sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memeiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, oleh karena itu Rumkital Jonggol dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu yang memuaskan bagi pasiennya sesuai standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan fasilitas kesehatan dapat mengetahui kinerja pelayanan dari para pasien melalui umpan balik yang diberikan pasien kepada fasilitas kesehatan tersebut, sehingga dapat menjadi masukan untuk peningkatan kinerja pelayanan kesehat pada fasilitas kesehatan tersebut.

Tujuan peningkatan fasilitas pelayanan diupayakan sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. TNI AL terus berbenah diri untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada anggota TNI AL dan masyarakat sekitarnya. Untuk itu selalu diupayakan ketersediaan fasilitas kesehatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas sebagai bagian dari upaya untuk senantiasa meningkatkan kesehatan, ini merupakan hal yang menggembirakan dan tentu akan disambut baik oleh keluarga TNI AL dan masyarakat sekitar.

Beberapa fasilatas berupa perbaikan sarana prasarana dan pelayanan kesehatan Rumkital Jonggol merupakan bagian dari implementasi rencana kegiatan Diskes Lantamal III yang telah disetujui dan wujud nyata dari pemimpin yang berupaya untuk meningkatkan kesehatan dan juga memberikan kenyaman dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (K) dr Wiweka, MARS dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa Rumkital Jonggol merupakan salah satu dari fasilitas kesehatan yang berada dibawah Diskes Lantamal III yang memiliki tugas pokok dalam membina dan menjaga kesehatan anggota TNI AL dan keluarga yang bertempat tinggal di sekitar Kompleks TNI AL Jonggol dan tentunya juga dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan untuk warga non TNI AL yang berdomisili disekitar Rumkital Jonggol.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Lukman Djaw, SpKL, para pejabat Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Para Pejabat Teras Lantamal III, Para Pejabat Pemda Bogor, Pejabat BPJS, Perwakilan TNI Angkatan Darat. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.