Danlantamal III Jakarta Pimpin Penyerahan Jabatan Kakuwil dan Sertijab Danlanal Palembang

Danlantamal  III Jakarta saat memimpin penyerahan
jabatan Kakuwil dan sertijab Danlanal Palembang.
JAKARTA, JO- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) RM Trusono, SMn memimpin upacara penyerahan jabatan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta dan serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palembang di Markas Komando (Mako) Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No 2 Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/4).

Upacara penyerahan jabatan Kakuwil Lantamal III dari Kolonel Laut (S) Sunaryadi, SE, MSi kepada Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) RM Trusono, SMn, di ruang Serba Guna dan upacara serah terima jabatan Danlanal Palembang dari Kolonel Laut (P) Purwanto, SE, MSi kepada Kolonel Laut (P) Hersan, SH dilaksanakan di lapangan Apel Mako Lantamal III Jakarta.

Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) RM Trusono, SMn pada upacara penyerahan jabatan Kakuwil Lantamal III Jakarta, mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan konsekuensi logis sebagai tuntutan kebutuhan dinamika organisasi agar dari waktu ke waktu menjadi lebih baik. Dihadapkan dengan kompleksnya permasalahan yang dihadapi, maka serah terima jabatan yang diselenggarakan ini menjadi salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut.

Keuangan Wilayah Lantamal III merupakan organisasi yang relatif baru, yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan keuangan di wilayah Lantamal III dan sekaligus sebagai koordinator pelaksana rekonsiliasi intern yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola BMN, Badan Perencanaan dan Badan Keuangan serta sebagai koordinator pelaksanan rekonsiliasi ekstern dengan Kanwil DJKN dan DJPBN guna menyusun laporan keuangan di wilayahnya.

Sementara itu, dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) RM Trusono, SMn pada upacara serah terima jabatan Danlanal Palembang mengatakan serah terima jabatan Danlanal Palembang yang dilaksanakan kali ini adalah perwujudan dari suatu proses mata rantai pembinaan personel secara profesional, serta menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi kearah yang lebih baik.

Lebih lanjut, Danlantamal III Jakarta mengatakan bahwa Lanal Palembang merupakan satuan pelaksana di bawah Lantamal III yang bertugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, menyelenggarakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut dan menyelenggarakan operasi keamanan laut serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Lanal Palembang.

Wilayah kerja Lanal Palembang mencakup Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi, wilayah tersebut dinilai sangat strategis, kerena berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) dan merupakan jalur perekonomian yang intensitasnya sangat tinggi serta memiliki akses ke Selat Bangka dan ke Laut Cina Selatan.

Hal tersebut berdampak positif terhadap pembangunan daerah dan sekaligus mengandung kerawanan-kerawanan tertentu seperti perompakan, Illegal Fishing, Illegal Logging maupun kecelakaan di sungai atau di laut.

Menghadapi hal tersebut, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut, Lanal Palembang dituntut untuk terus meningkatkan patroli keamanan laut dengan unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) maupun dengan melibatkan kapal patroli instansi lain sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. Disamping itu juga untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan lain, baik dalam wujud bantuan kemanusiaan, SAR dan pertolongan terhadap kecelakaan khususnya yang terjadi di sungai maupun di laut dan juga membantu penanggulangan kebakaran hutan.

Pada acara ramah tamah, Danlantamal III Jakarta, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Laut (S) Sunaryadi, SE, MSi yang telah melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Keuangan Lantamal III semoga pengalaman ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat dalam mengemban tugas ditempat yang baru sebagai Kasubdis Bekkapsatkan Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Disbekal) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Kepada Kolonel Laut (P) Purwanto, SE, MSi selama menjabat Danlanal Palembang telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, untuk itu disampaikan ucapan terima kasih dan sukses untuk mengikuti pendidikan Sesko TNI dan kepada Kolonel Laut (P) Hersan, SH disampaikan ucapan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk mengemban tugas baru sebagai Danlanal Palembang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PLH Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Kolonel Laut (T) Wisnu Sumarto, ST, MSi (Han), para Asisten Danlantamal III Jakarta dan Kasatker jajaran Lantamal III Jakarta. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.