Sekolah Rusak di Jakbar Belum Diperbaiki, Siswa Terpaksa Diungsikan

Kondisi sekolah di Jakarta Barat yang rusak.
JAKARTA, JO - Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 dan SDN 10 Jakarta Barat (Jakbar) terpaksa pindah mengikuti proses belajar-mengajar. Pasalnya, kondisi bangunan dua sekolah itu rusa dan sangat memprihatinkan. Murid terpaksa sekolah ke gedung sekolah lain, sehingga belajar hingga sore hari.

Kepala SDN 10 Kebon Jeruk Evi Prihatini mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan perbaikan sekolah tersebut sejak 2013. Namun hingga 31 Juli 2015, tidak ada respon dari pihak terkait.

“Sekolah ini terakhir kali diperbaiki pada 2006,” kata Evi di Jakarta, Jumat (27/11).

Mengingat kondisi sekolah yang dapat mengancam keselamatan siswa, ia terpaksa memindahkan 392 siswanya ke SDN 003 Pagi yang berjarak sekitar 1 kilometer. Karena menumpang ke sekolah lain, akhirnya jadwal belajar-mengajar menjadi siang hingga sore, karena memprioritaskan siswa SDN 003 Pagi.

"Kami sebenarnya sudah mengusulkan perbaikan sejak 2013, tapi belum ada jawaban. Terpaksa kami ungsikan siswa karena bangunannya sudah rusak berat," ujar Evi.

Kerusakan di SDN 10 Kebon Jeruk terlihat jelas dari kusen jendela dan pintu yang habis dimakan rayap. Plafon atap pun sudah tidak ada. Beberapa sisi tembok sekolah bahkan sudah mulai terkelupas. Jika dilihat dari luar, SDN 10 Kebon Jeruk tampak masih bagus. Namun jika didekati, ternyata bangunan tidak layak dijadikan tempat kegiatan belajar-mengajar lagi.

Gedung SDN 10 Kebon Jeruk dibangun sejak 1978. Di gedung tersebut terdapat 12 ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan tempat tinggal penjaga sekolah.

Kondisi serupa dirasakan para murid dari SDN 007 Sukabumi Utara. Sekolah yang memiliki 185 murid ini terpaksa mengungsikan siswanya ke SDN 008 dalam dua tahun terakhir. Ini karena gedung SDN 007 sedang dalam pembangunan ulang.

 Pembangunan SDN 007 sempat terhenti beberapa waktu lalu, namun pengerjaannya telah dimulai kembali pada September lalu. Untungnya, siswa SDN 007 hanya mengungsi di SDN 008 yang bersebelahan gedung.

"Kami mulai menumpang di SDN 008 Sukabumi Utara sejak 2013,” ucap Kepala SDN 007 Sukabumi Utara Amirullah. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.