Lantamal III Gelar Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS

Peserta Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS.
JAKARTA, JO- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) RM Trusono, SMn diwakili Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Letkol Laut (P) Untung SM, MAP membuka Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS kepada Personel Lantamal III Tahun 2015 di Ruang Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No 2 Jakarta Utara, Selasa (1/9).

Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta yang dibacakan Aspers Danlantamal III, mengatakan Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS adalah bagian dari upaya penanggulangan HIV/AIDS khususnya upaya pencegahan yang menggunakan pendekatan perubahan perilaku. Selama pelatihan peserta akan dibekali dengan pengetahuan yang terkait dengan pencegahan HIV dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang didapat kepada rekan kerja dan anak buah di satuan masing-masing guna menanggulangi HIV-AIDS.

Dikatakan pula bahwa pelatihan ini di ikuti oleh personel Lantamal III Jakarta sebanyak 40 orang, terdiri dari Perwira, Bintara dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut sejalan dengan semangat bangsa Indonesia untuk mencapai Millenium Developtment Goals (MDGS), khususnya Goal keenam yang terkait dengan AIDS, TB, Malaria, dan penyakit lainnya, beberapa indikator yang ingin dicapai Bangsa Indonesia terkait HIV/AIDS dalam MDGS tersebut.

Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya | Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Temukan harga hotel terendah

Antara lain adalah meningkatnya presentasi remaja yang memiliki pengetahuan komprehensif tentang HIV/AIDS dan meningkatnya penggunaan alat kontrasepsi secara konsisten pada hubungan seks beresiko. Pelatihan Peer Leader ini diharapkan turut memberi konstribusi dalam pencapaian MDGS tersebut.

Pada akhir sambutannya, Danlantamal III Jakarta, berharap setelah melaksanakan kegiatan pelatihan ini, para peserta bisa menyampaikan informasi berkaitan dengan HIV-AIDS secara benar dan terpenting bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap penularan HIV mulai dari diri sendiri, pada satuannya masing-masing dan pada masyarakat secara umum.

Rencana pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS untuk personel Lantamal III Tahun 2015 akan berlangsung selama tiga hari dengan melaksanakan kegiatan yang meliputi materi latihan antara lain, Building Learning Commitment, Organ Reproduksi, Infeksi Menular Seksual, HIV/AIDS, Penyalagunaan Alkohol, Praktek Presentasi Peer Leader, Post Test, Jejaring dan Layanan HIV, Non Stigma dan Non Diskriminasi Gender, Film Inspirasi Sore. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.