Kapolda Irjen Pol Tito Karnavian memberikan keterangan pers.
JAKARTA, JO - Kegiatan unjuk rasa oleh elemen serikat pekerja dari Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok akan dilakukan pada hari Selasa (1/9) pukul 09.00 WIB di Kawasan Patung Kuda dan Bundaran HI menuju Istana Negara.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian kemudian mengimbau para buruh agar damai selama menggelar unjuk rasa ini.

Menurut Irjen Pol Tito, penyampaian tuntutan secara terpusat di lapangan Monas dilakukan supaya tidak menggangu aktivitas masyarakat DKI Jakarta. Sebab, aksi buruh itu dilakukan tidak pada saat hari libur sehingga dikhawatirkan menggangu ketertiban.

Para buruh dipersilakan menyampaikan tuntutan dengan cara turun ke jalan, namun Kapolda berpesan supaya penyampaian tuntutan tersebut dilakukan tanpa menggangu ketertiban masyarakat.

“Kami mengharapkan rekan-rekan dapat mengatur kegiatan dengan tertib tanpa menggangu masyarakat lainnya,” tutur Tito, Senin (31/8).

Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya | Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Temukan harga hotel terendah

Polda Metro Jaya mengimbau warga DKI Jakarta, supaya menghindari Bundaran Hotel Indonesia di ruas Jalan MH Thamrin dan kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Aparat kepolisian akan melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di tempat buruh beraksi. Sebanyak 8.542 aparat kepolisian ditambah sekitar 3.000 TNI dan sekitar 3.000 Satpol PP diterjunkan sebagai upaya mengantisipasi aksi elemen buruh yang berjumlah kurang lebih 40.000 buruh.

"Personil yang dikerahkan sebanyak 8.542 dari Polda Metro Jaya dan Polres jajaran, serta BKO dari Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

Jika terjadi peningkatan konsentrasi massa, maka akan dilaksanakan pengalihan arus lalu lintas (situasional). Bagi pengguna jalan yang tidak berkepentingan, agar menghindari Jalan Thamrim menuju Istana sehingga tidak terjebak kepadatan lalu lintas, serta mematuhi petunjuk petugas Polri yang ada di lapangan demi terciptanya ketertiban lalu lintas. (amin)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.