Kecelakaan Hercules: Korban Tewas Sementara 21 Orang, Total Penumpang 113

Lokasi jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU.
JAKARTA, JO- Hingga Selasa (30/6) sore, 21 orang tewas akibat kecelakaan pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A-1310 di kawasan Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Data korban tewas itu disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo kepada wartawan di Medan.

"Berdasarkan laporan yang kita terima saat ini korban tewas sudah mencapai 21 orang. Sedangkan data sementara yang kita peroleh, pesawat membawa sekitar 50 penumpang," kata Eko Hadi Sutedjo di lokasi kejadian.

Namun data lain diberikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supratna yang menyebut pesawat yang jatuh di atas rumah pemukiman warga, berjumlah 113 orang.

"Jumlah seluruhnya ada 113 orang, terdiri dari 101 penumpang sipil dan 12 kru pesawat," katanya.

Menurut Kasau, penumpang sipil yang ada dalam pesawat itu merupakan anggota keluarga dari TNI AU yang hendak menuju kampungnya di Tanjung Pinang.

"Semua penumpang sipil itu adalah anggota keluarga anggota yang hendak melaksanakan ibadah Ramadan di Tanjung Pinang," ujar dia.

Pesawat Hercules nahas tersebut terjatuh tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Lanud Soewondo sekitar pukul 11.30 WIB. Sebelumnya, pesawat terbang dari Bandara Roesmin Nurjadin menuju Tanjung Pinang dan transit di Lanud Soewondo.

Pesawat ini jatuh tidak lama lepas landas dari Lanud Soewondo dan menuju ke Pangkal Pinang.

Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menerangkan, pihaknya akan membuat Posko Keamanan di lokasi kejadian, sedangkan untuk Posko Tim Disaster Victims Identification (DVI) akan ditempatkan di Rumah Sakit H. Adam Malik Medan. (jo-31)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.