Lukisan Asli Affandi 'Self Potrait' yang Hilang Dilelang di Hongkong

Lukisan palsu yang diganti pencuri.
JAKARTA, JO - Lukisan karya Affandi berjudul Self Potrait and His Pipe menggunakan media Oil on Canvas dibuat tahun 1979 hilang sejak setahun lalu, dan kini membuat kaget pemiliknya ketika mengetahui lukisan itu sudah dilelang di Southeby's Hongkong.

Lukisan asli yang tadinya dipajang di joglo rumah Prof Dr Widjojo Nitisastro (alm) jalan Bukit Golf Utama PE 3 Pondok Indah, Jakarta Selatan itu ternyata dicuri sejak Mei 2014 dan lukisan yang ada sekarang adalah replika.

Terakhir diketahui lukisan asli yang saat ini diperkirakan berharga hampir Rp10 miliar itu dicuri oleh tersangka Irwan Perwito yang pernah bekerja sebagai pekerja lepas tukang AC dan instalasi listrik.

Tersangka Irwan melakukan duplikasi lukisan dibantu mantan supir keluarga bernama Asep. Lukisan diduplikasi di daerah Depok, Jawa Barat. Setelah lukisan diduplikasi, lukisan asli di jual. Tersangka tindak pidana pencurian dijerat pasal 363 KUHP.

Seperti disampaikan Kepala Unit I Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Imran Gultom di Jakarta, Selasa (5/5), pelelangan itu diketahui dari saksi Sawitri Miriani, anak Emir Soendoro, saat membaca salah satu berita di internet yang menyatakan lukisan berjenis abstrak itu dilelang di Southeby's Hongkong.

"Padahal saat itu lukisan masih terpasang di joglo rumahnya, apalagi keluarga tidak pernah menjual lukisan tersebut," kata Imran di Polda Metro Jaya.

Keluarga kaget karena lukisan itu masih berada di tempatnya. Maka dari itu, Emir memeriksa keaslian lukisan itu ke seorang ahli lukisan dari Museum Affandi di Yogyakarta, Selarti Venetzia. Selarti memastikan lukisan yang tersimpan di joglo itu adalah lukisan replika. (amin)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.