UN CBT Terbanyak di Indonesia, Apa Artinya untuk Depok?

Pelaksanaan UN CBT di Depok. (foto: gayuh)
JAKARTA, JO- Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau Computer Based Test (UN CBT) di Depok digelar di 16 Sekolah. Menjadi yang terbanyak menyelenggarakan UN CBT di Jawa Barat (Jabar).

Penyelenggara UN CBT di 16 sekolah diantara 582 sekolah yang ada merupakan prestasi tersendiri. Kota Bandung sendiri tidak menggelar UN CBT sementara yang terbanyak adalah Surabaya.

"Depok paling banyak se-Indonesia karena kita berani. Artinya Kemendikbud melirik Depok dari sisi iptek dan pemanfaatan IT untuk pendidikan cukup tinggi, makanya mereka menawarkan," kata Kepala Seksi SMA Dinas Pendidikan Depok Jumait di Depok, hari ini.

Jumait menambahkan sebenarnya yang menyatakan siap untuk UN CBT lebih dari 16 sekolah. Namun, menurutnya, Kemendikbud tidak mau mengambil risiko tinggi karena UN CBT tahun ini masih menjadi proyek percontohan.

Karena alasan komposisi juga, sekolah negeri diambil sebagian, swasta sebagian untuk nantinya dievaluasi. Kalau negeri semua berarti tidak ada pembeda dan pembanding antara paper based test dan computer based test, imbuhnya.

Dia menandaskan, Dinas Pendidikan Kota Depok tidak memaksakan sekolah menyelenggarakan UN CBT karena pihaknya bersifat menawarkan. Setelah itu ditawarkan, Disdik Depok meminta para guru,siswa dan orang tua siswa untuk membicarakan kesanggupan sekolah dalam menyelenggarakab UN CBT.

"Jadi bukan Disdik menunjuk melainkan pihak sekolah yang menyatakan siap. Kondisi yang tahu sebenarnya kan sekolah bukan disdik termasuk bagaimana kesiapan sarana dan prasarana, anggaran dan sebagainya," katanya. (gayuh)

Visiting London? Find Deals, Compare Rates, and Read Hotel Reviews on TripAdvisor Visiting Las Vegas? Find the Best Deals & Reviews at TripAdvisor. 60+ Million Users Trust TripAdvisor With Their Travel Plans. Shouldn't You?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.