Perkampungan Budaya Betawi 289 Hektar, Dibuat Terintegrasi di 4 Zona

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jaksel.
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi dengan unit terkait pengembangan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jakarta Selatan (Jaksel).

Rapat yang dihadiri Deputi Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni, Rabu (4/2), membahas perkembangan rencana perluasan dan terobosan baru dalam pembangunan kawasan yang diperuntukkan bagi pusat pengembangan dan pelestarian budaya Betawi.

Tujuannya agar agar budaya Betawi makin mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Seperti diketahui, kawasan seluas 289 hektare tersebut memiliki 4 zona, yakni embrio, zona A, zona B, dan zona C yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

Menurut Sylvana, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) sangat memberi perhatian khusus terhadap pengembangan dan pelestarian budaya Betawi di Setu Babakan ini, dan nantinya semua harus terintegrasi.

Karena itu pada tahun 2015 ini, pihaknya akan fokus pada penyelesaian zona A dan juga pembebasan lahan.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Kepala UPT PBB Setu Babakan E Supli Ali, mengatakan, dana sekitar Rp 70 miliar sudah disiapkan tahun ini. Dana tersebut terbagi untuk meneruskan pembangunan fisik di zona A dan juga pembebasan lahan.

"Di 2015 ini untuk penyelesaian Zona A Rp 50 miliar dan pembebasan lahan Rp 20 miliar," ungkapnya.

Dikatakan Supli, saat ini zona A sudah memiliki luas 3,2 hektare. Pembebasan akan dilakukan untuk pengembangan seni Betawi.
Nantinya zona itu akan dijadikan sekolah, luasnya 1,2 hektare. Kalau secara keseluruhan lahan yang sudah dimiliki oleh Pemda ada 70 hektare.

Di dalam Zona A, terdapat museum, tempat pertunjukan, ruang diklat, home stay, dan kantor pengelola. Dalam perkembangan saat ini sudah sekitar 60 persen, yang sisanya di zona A akan diselesaikan tahun 2015 ini. (jo-3)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.