Retno LP Marsudi
JAKARTA, JO- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pemerintah akan memperkuat diplomasi ekonomi sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Saat memberikan keterangan pada Raker di Komisi I DPR, Jakarta, Kamis (12/2), Menlu Retno menyebut penguatan itu dilakukan sesuai harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Diplomasi ini sama seperti dilakukan negara-negara lain. Awal-awalnya setiap pertemuan kan hal-hal baik, lalu di tengah-tengah masuk kepentingan ekonomi negara tersebut," kata Menlu Retno dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq.

Menurut Menlu Retno, dalam diplomasi ekonomi itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kementerian lain dan dunia usaha Indonesia sehingga bisa memperjuangkan kepentingan Indonesia.

"Waktu kami berkunjung ke Addis Ababa kita bertemu dengan dua investor asal Indonesia di sana. Kita menerima masukan dari mereka, seperti masalah apa yang dihadapi, begitu juga di Aljazair, terutama di ASEAN banyak investor Indonesia bergerak," katanya.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

"Jadi nantinya apa yang kita bahas bukan hanya hubungan baik bilateral tapi juga kepentingan pengusaha kita," sambungnya.

Satgas Diplomasi Ekonomi ini dikoordinasikan oleh Wakil Menlu AM Fachir.

Menurut Fachir, satgas ini bertujuan untuk mendukung program-program kementerian lain seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan lainnya yang sudah juga menargetkan pertumbuhan hingga 2019.

"Mendag sendiri sudah menargetkan kenaikan 300 persen untuk ekspor, kemudian kunjungan wisatawan 20 juta pada 2019," kata Fachir.

Menurutnya, saat ini satgas sudah menerima masukan dari semua perwakilan mengenai komitmen mereka untuk mendukung target pemerintah ini. Dia pun berharap 3 bulan ke depan pihaknya akan bisa fokus melaksanakan tugas-tugas ini. (jo-2)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.