Bagian ekor pesawat yang sudah berhasil diangkat sebelumnya.
JAKARTA, JO- Teka-teki dimana letak black box pesawat AirAsia QZ8501 terjawab sudah. Tim penyelam TNI AL yang berada di KN Jadayat, kapal milik Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, menemukannya di koordinat 03.37.21 S atau 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30-32 meter.

Posisi itu, persisnya berada di antara himpitan serpihan badan pesawat, sehingga menyulitkan bagi tim penyelam untuk mengambilnya. Seperti disampaikan Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono, malam ini, pengambilan akan dilakukan pada Senin (12/1) pagi.

"Tim penyelam sudah menemukan lokasi black box, tapi karena keterbatasan waktu diputuskan untuk pengambilan black box akan dilaksanakan esok pagi hari dengan mengeser berlahan-lahan serpihan badan pesawat tersebut," kata Tonny.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Ditambahkan, apabila rencana pengeseran ini mengalami kegagalan, maka tim akan melaksanakan dengan cara mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat.

Untuk memudahkan pekerjaan esok pagi hari maka tim penyelam TNI AL telah memasang marker buoy (pelampung penanda) kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN Jadayat.

Penemuan black box ini diharapkan akan menjadi jawaban mengenai penyebab terjadinya kecelakaan pesawat AirAsia yang sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura itu. (jo-4)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.