Warga Kedaung Kali Angke Berharap Gorong-gorong Penyebab Banjir Diperbaiki

Gorong-gorong yang mampet di Kedaung Kali Angke. (jo-6)
JAKARTA,JO- Warga yang bermukim di RT04/03 Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) berharap kepada Suku Dinas PU Tata Air dapat menindaklanjuti permohonan warga untuk perbaikan gorong- gorong saluran air penghubung yang kondisinya tidak berfungsi.

Farida,50 warga RT04/03 mengatakan,akibat kondisi gorong-gorong di depan rumahnya tidak berfungsi maksimal menyebabkan air masuk ke dalam rumah kalau sudah musim hujan.

Tak hanya itu, sampah menumpuk di depan rumahnya pun terbawa air dan berhenti persis di halaman sehingga masuk ke dalam rumah karena kondisi saluran sudah tumpat atau air tidak dapat mengalir.

"Karena itu kami memohon agar gorong-gorong penyebab banjir ini diperbaiki segera, karena sudah memasuki musim penghujan," katanya.

Menurut Ketua RT04/03 Rizky, usulan perbaikan gorong-gorong saluran PHB sudah disampaikan sejak 2013 lalu. Dia menyontohkan kondisi saluran di RT04,011,016/03 Kedaung Kali Angke yang memang kondisinya tumpat tidak dapat berfungsi.

"Mengingat wilayah kami sangat rendah ditambah lagi saluran tidak berfungsi membuat wilayah ini sering kebanjiran,"ucap Rizky.

Sementara itu perbaikan gorong-gotong baru dilakukan di empat titik, padahal gorong-gorong di wilayah ini ada tujuh titik utama.

"Perlu saya sampaikan, tujuh titik gorong-gorong di jalan utama komplek Depag ini kondisinya tertutup. Dari tujuh titik tersebut, tebal semen corannya mencapai 70 hingga 80 sentimeter ke bawah permukaan saluran air," katanya.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Dia yakin wilayah ini selalu banjir adalah akibat kondisi gorong gorong telah tertutup tebalnya semen coran dan lumpur.

Dari penilaiannya, perbaikan sebanyak empat titik yang dilakukan saat ini sudah cukup bagus,karena pemborongnya benar-benar melakukan pekerjaan. "Pemborongnya membongkar semua gorong-gorong hingga tebalnya rata rata 70 sentimeter dan lumpurnya pun semuanya diangkut hingga kedalaman 1 meter lebih," kata Rizky.

Warga, katanya, memohon kepada pihak PU Tata Air Jakbar menindak lanjuti perbaikan tiga titik lagi sehingga ketakutan akan terjadi banjir lagi musim penghujan ini tidak terjadi.

"Kami sudah melampirkan data kondisi gorong-gorong tersebut ,tanda tangan warga sebanyak 23 KK,berikut foto-fotonya telah kami ajukan kepada PU Tata Air Jakbar. Adapun lebar salurannya 1 meter,panjangnya 5 meter dan kedalamannya rata-rata 1,5 meter.Ketebalan beton coran jalan rata- rata 70 sentimeter dan kedalaman lumpurnya 60 sentimeter," tuturnya. (jo-6)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.