World Rabies Day, Vaksinasi Rabies Serentak di Jakarta

Vaksinasi rabies yang dilakukan di Jakarta Barat, hari ini, dalam rangka World Rabies Day dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan 2014. (foto: tri)
JAKARTA,JO- Dalam rangka peringatan World Rabies Day dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2014, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta mengadakan vaksinasi rabies serentak di 5 kota administrasi yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat, Kamis (4/9) tadi pagi.

Kegiatan ini difokuskan pada wilayah kecamatan yang memiliki populasi hewan penular rabies (HPR) tinggi dan berisiko terhadap penularan serta memiliki kekebalan kelompok yang kurang dari 70 persen, khususnya di Jakbar yang berlokasi di Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, dan Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng.

Vaksinasi rabies umumnya diberi kepada hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera yang mau menerkam pemiliknya karena penyakit gila atau stres.

Menurut Kepala Seksi Peternakan Ir Rahmat Manender, MSi , kegiatan vaksinasi rabies sangat penting supaya mencega anjing gila dan stres yang dapat membahayakan pemilik hewan tersebut.

"Kami mengadakan kegiatan vaksinasi rabies di Kelurahan Kalideres di RW 015, hewan yang dapat di vaksin rabies sebanyak 20 ekor anjing, 10 ekor kera, serta 5 ekor kucing," katanya.

Ada juga hewan yang telah dipopulasi ke dokter hewan sebanyak 36 ekor diantaranya 5 kucing dan 31 anjing yang jumlah personilnya 5 orang dokter hewan dan 2 orang medis, dan Kelurahan Duri Kosambi di RW 12 sebanyak 20 ekor anjing, 0 ekor kera, serta 5 kucing, jumlah personil di Keluranan Duri kosambi 3 dokter hewan dan 3 medis.

Hewan yang di vaksinasi rabies sekitar 50 hewan di dua kelurahan yang telah ditentukan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian di Jakarta Barat

"Saya berharap masyarakat yang memiliki binatang peliharaan supaya membawa binatang peliharaannya ke dokter hewan setiap Tahun nya untuk diberikan vaksinasi rabies supaya menjaga daya tahan tubuh binatang dan menjaga binatang supaya tidak gila atau stres,"lanjutnya. (lian)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.