Kewenangan Terbatas, Anggota DPD Harus Bisa ‘Berakrobatik’

Fahira Idris
JAKARTA, JO- Demi memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerahnya masing-masing, seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI harus bisa "berakrobatik" sehingga aspirasi itu bisa menjadi sebuah kebijakan.

Hal itu, menurut anggota DPD RI terpilih dari daerah pemilihan DKI Jakarta, Fahira Idris di Jakarta, hari ini, cara seperti itu harus dilakukan mengingat kewenangan DPD memang masih sangat terbatas, berbeda dengan DPR RI yang punya kewenangan lebih besar di bidang legislasi, pengawasan, dan anggaran.

"Rakyat memilih kita, artinya mereka minta aspirasinya diperjuangkan. Bila perlu saya akan ‘berakrobatik’ agar aspirasi masyarakat bisa jadi sebuah kebijakan. Saya akan datangi Presiden, DPR, Gubernur dan DPRD Jakarta hingga aspirasi masyarakat Jakarta terpenuhi,” ungkap Fahira Idris, anggota DPD RI terpilih Daerah Pemilihan DKI Jakarta Fahira Idris seusai mengikuti Pembekalan Anggota DPD RI Periode 2014-2019, di Jakarta.

Bagi Fahira, kewenangan DPD yang terbatas bukan jadi halangan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta yang diwakilinya.

Menurut senator yang punya program aksi menjadikan Jakarta Kota Layak Anak dan Kota Ramah Perempuan ini, harus ada terobosan baru bagi anggota DPD RI periode 2014-2019 agar lebih dekat dan dikenal masyarakat.

Dikatakan, isu paling menguat yang dihembuskan para anggota DPD adalah penguatan lembaga agar punya kewenangan yang setara dengan DPR. Menurut Fahira, isu penguatan lembaga tetap penting disuarakan, hanya saja jangan sampai menenggelamkan isu-isu penting DPD yang lain, yaitu bagaimana aspirasi masyarakat di daerah bisa diperjuangkan di tingkat nasional. (jo-4)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.