Karen Agustiawan Mundur dari Dirut Pertamina, Dekom Segera Tunjuk Plt

Karen Agustiawan
JAKARTA, JO- Direktur Utama (Dirut) Pertamina Karen Agustiawan mundur dari posisi dirut per 1 Oktober 2014. Keputusan itu sudah disampaikan kepada perseroan dengan tembusan kepada Menteri BUMN selaku RUPS, Dewan Komisaris, dan anggota direksi pada 13 Agustus 2014 kemarin.

Seperti disampaikan Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir di Jakarta, Senin (18/8), bersamaan dengan pengunduran diri ini, akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa untuk menentukan pengganti Karen.

Berdasarkan anggaran dasar perusahaan, pemegang saham dapat melakukan RUPS Luar Biasa perihal pengunduran diri tersebut. Selanjutnya, sebelum 1 Oktober 2014 Dewan Komisaris akan menunjuk salah seorang anggota direksi untuk sementara menjalankan tugas direktur utama sampai ditetapkannya direktur utama definitif oleh pemegang saham.

Menurut Ali, pengunduran diri tersebut lebih didasarkan pada alasan pribadi dan juga untuk proses regenerasi kepemimpinan di Pertamina.

Dikatakan, Karen Agustiawan sudah 6,5 tahun menduduki posisi sebagai direksi Pertamina; 1 tahun di antaranya sebagai direktur hulu dan kemudian selama 5,5 tahun sebagai direktur utama.

"Untuk itu, beliau menilai sekarang adalah saat yang tepat untuk mundur demi proses regenerasi kepemimpinan Pertamina," ujarnya.

Secara terpisah, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo yang juga menjabat sebagai Komisaris Pertamina mengatakan, kegiatan operasional perseroan harus tetap berjalan meski Karen Agustiawan mengundurkan diri.

"Pucuk direksi dijabat secara kolektif sambil menunggu keputusan Rapat Umum Pemegang Saham," katanya. (jo-2)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.