Ilustrasi
JAKARTA,JO- Perbaikan jalan lingkungan tepatnya di Jalan Waru RT03/011, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) sudah puluhan tahun tidak pernah disentuh oleh Sudin Perumahan dan Gedung Jakbar.

Menurut keterangan warga setempat, selama puluhan tahun jalan ini tidak diperdulikan, kecuali perbaikan-perbaikan yang secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Seorang warga, Aris, di Jakarta, Kamis (17/7), mengaku heran dengan tidak adanya kehadiran Sudin Perumahan Jakbar padahal institusi ini memiliki anggaran puluhan miliar.

Apalagi sebelumnya, persoalan perbaikan jalan itu sudah beberapa kali diusulkan melalui musrenbang.

"Sudah beberapa kali diusulkan dalam musrenbang tapi hingga saat ini belum pernah terealisasi. Kami heran, padahal dana yang mereka kelola banyak tapi tidak sampai di wilayah kami. Bisa jadi sudah pernah dianggarkan tapi tidak dilaksanakan," kata Aris.

Semantara itu, diketahui di Kelurahan Kalideres tahun 2013, ada anggaran sebesar Rp 4 miliar lebih dengan kategori perbaikan jalan lingkungan dan refungsi saluran. Hal ini pun, menurut Aris, tidak transparan pelaksanaannya.

"Bisa saja anggaran itu terselubung sebab tidak dicantumkan apa saja yang sudah terlaksana di lapangan, atau tumpang tindih anggaran yang dikerjakan pengguna anggaran baik di Kelurahan Kalideres maupun di Kecamatan Kalideres," katanya menduga-duga.

Dikatakan, dalam pelaksanaa pekerjaan 2013 pengumuman proyek di Kelurahan Kalideres tidak pernah dicantumkan alamat pekerjaan yang telah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan serta nama nama perusahaan yang ditunjuk sebagai pelaksana.

"Akibat sistem seperti itu yang selama ini dilakukan sehingga tidak tertutup kemungkinan terjadi perkerjaan fiktif atau tumpang tindih sebab proyek yang ada di Kelurahan Kalideres ini tidak di publikasikan agar masyarakat tidak mengetahui apa saja yang telah di laksanakan," tandasnya. (jo-6)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.