Momentum Prabowo dan Jokowi Bertemu, Bersalaman, Shalat Berjamaah

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) saat buka puasa bersama di Istana Negara, Jakarta, kemarin. (presidenri.go.id)
JAKARTA, JO- Dua capres Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) tampak saling menyambut satu sama lain dengan bersalaman saat buka puasa bersama yang dijamu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7).

Selain Prabowo dan Jokowi, hadir juga cawapres Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla, beserta pimpinan lembaga tinggi negara, antara lain Ketua MPR Sidarto Danusubroto, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MK Hamdan Zoelva, Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, Ketua KPU Husni Kamil, Ketua Bawaslu Muhammad, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menkumham Amir Syamsuddin, Jaksa Agung Basrief Arief, dan Kapolri Jenderal Sutarman.

Ketiga tokoh ini yakni SBY, Prabowo dan Jokowi tampak tertawa begitu bertemu. Jokowi yang mengenakan batik warna cokelat dan Prabowo yang memakai baju warna putih dalam beberapa momentum saling berhadapan dan ikut larut dalam gurauan yang disampaikan SBY.

Menurut Presiden SBY, silaturahmi seperti ini, adalah sesuatu yang baik karena momen kebersamaan dapat menciptakaan suasana yang teduh, terlebih saat suhu politik di tanah air sedang menghangat.

"Persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan kita sebagai bangsa itu sungguh penting. Harganya amat mahal jika sebuah bangsa terpecah, untuk menyatukannya kembali bukan sesuatu yang mudah," kata SBY.

Sesuai dengan suasana bulan suci Ramadan, SBY menyampaikan sebuah hadis tentang Rasulullah yang senantiasa memperingatkan umat Isalam agar menjauhi prasangka buruk. "Dengan silaturahmi dan selalu menjalin persaudaraan dan kebersamaan, insya Allah, prasangka buruk ini akan sirna," ujar SBY.

Hadis yang dimaksud adalah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah. "Jauhilah prasangka, karena sesungguhnya prasangka itu pembicaraan yang paling dusta. Janganlah kalian menyadap pembicaraan kaum, memata-matai mereka, berlomba-lomba dalam hal tidak baik, saling mendengki, saling membenci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara." (jo-2)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.