Uang Baru "NKRI", Ada Tandatangan Menkeu dan Gambar Bung Karno - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Uang Baru "NKRI", Ada Tandatangan Menkeu dan Gambar Bung Karno

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Pada 17 Agustus 2014 nanti Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang kertas baru bernama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejumlah perubahan pun dilakukan dalam uang kertas baru ini, yakni dengan mengganti tulisan "Bank Indonesia" di dalam uang menjadi "Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Selain itu, pada area tandatangan uang, tidak hanya ditandatangani Gubernur Bank Indonesia tapi juga Menteri Keuangan. Perubahan itu sesuai dengan amanat UU No17 Tahun 2011 dan Keputusan Presiden (Kepres) yang baru rampung dua minggu lalu.

"Jadi Kepresnya baru rampung dua minggu lalu, sehingga uang NKRI ini baru diluncurkan pada 17 Agustus mendatang," kata Menkeu Agus Martowardojo di Jakarta, kemarin.

Dikatakan tulisan "Negara Kesatuan Republik Indonesia" merupakan ciri uang ini, dan secara umum kondisinya sama dengan uang yang selama ini beredar.

Mengenai berapa banyak uang NKRI ini akan dicetak dan beredar, Agus Marto belum bisa menjelaskannya.

Sesuai dengan Kepres No22 Tahun 2014 yang diteken Presiden SBY pada 2 Juni 2014 lalu, ditetapkan Gambar Pahlawan Nasional Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta dalam Rupiah kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gambar Bung Karno dan Hatta digunakan sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan nilai nominal Rp100.000. (jo-2)


Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.