Pilpres Mesir, Jenderal Al-Sisi Klaim Kemenangan 93,3 Persen

Suasana pemilihan presiden di Mesir.
KAIRO, JO- Pemilihan presiden (pilpres) Mesir dimenangkan dengan sangat meyakinkan Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi, dengan raihan sementara 93,3 persen. Rival Al-Sisi, Hamdin Sabahi, hanya mampu mengumpulkan 3,7 persen suara, menurut tim Al-Sisi seperti dikutip kantor berita Reuters.

Al-Sisi, yang sebelumnya menggulingkan Presiden Mohamed Moursi dalam aksi protes tahun lalu, dianggap pendukungnya sebagai sosok yang bisa mengakhiri gejolak yang mengganggu Mesir sejak revolusi yang mengakhiri 30 tahun kekuasaan Mubarak.

Tapi para kritikus khawatir dia menjadi otokrat yang akan melindungi kepentingan militer dan mengakhiri harapan akan demokrasi dan reformasi yang dibangun selama protes untuk menurunkan Mubarak. Selain itu, sejumlah kalangan mempertanyakan kredibilitas pemilihan yang diperpanjang hingga hari ketiga, terkait berkurangnya partisipasi pemilih.

Al-Sisi dalam sebuah wawancara televisi mengatakan, dia mengharapkan dukungan pemilih lebih dari 80 persen untuk "menunjukkan kepada dunia" mengenai popularitasnya, dalam pemilihan yang berlangsung Rabu (28/5). Penghitungan suara dilakukan segera setelah pemungutan suara dilakukan.

Namun begitu, pemantau internasional yang berasal dari Amerika Serikat mempertanyakan independensi komisi pemilihan, impartialitas pemerintah dan integritas proses pemilihan Mesir. Menurut institusi ini, para pemantau di luar Kairo telah mengakhiri misi mereka Selasa, dan tidak akan melakukan pemantauan pemilihan pada Rabu. (jo-4)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.