Ini Dia Presiden Termiskin di Dunia, Hartanya Hanya Mobil Butut dan Donasikan 90 Persen Gaji

Presiden Jose Mujica dengan mobil bututnya. Sebanyak 90
 persen gajinya disumbangkan ke lembaga amal.
JAKARTA, JO- Presiden satu ini jelas bukan kelas Presiden Rusia Vladimir Putin yang konon punya kekayaan hampir 40 miliar dolar AS, atau model Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah; tiga nama yang disebut-sebut sebagai pejabat yang punya reputasi dan gaya hidup serba wah.

Pria tua yang tidak memiliki koleksi mobil mewah terbesar di dunia dan RollsRoyce berlapis emas 24 karat seperti Hassanal Bolkiah. Bukan juga gaya hidup necis gaya Putin.

Dia adalah Presiden Uruguay Jose Mujica, yang dikenal sebagai "kemiskinannya". Julukan pria ini adalah “el presidente mas pobre” terjemahan dari "presiden termiskin".

Dalam suatu wawancara, Jose Mujica berterus terang mengatakan, satu-satunya barang "mewah" yang dia miliki adalah mobil butut Volkswagen Beetle seharga 1.945 dolar AS (sekitar Rp20 juta). Uniknya, dia malah mendonasikan 90 persen gajinya ke lembaga amal. Sebagai gambaran, dia memperoleh gaji 12.500 dolar AS per bulan, namun hanya menerima 1.250 dolar AS (sekitar Rp13 juta) karena selebihnya disumbangkan semua ke lembaga amal.

Dia tinggal di sebuah rumah pertanian yang kepemilikannya atas nama isterinya, Lucia Topolansky, yang adalah senator. Pria berusia 77 tahun ini menjadi presiden Uruguay sejak 1 Maret 2010, dan dia kepada El Mundo mengaku baik-baik saja dengan semua kondisi itu.

"Saya baik-baik saja dengan semua itu; saya harus melakukannya karena ada banyak warga Uruguay yang hidup miskin," kata mantan pejuang gerilya kelahiran 20 Mei 1935 ini.

Di bawah kepemimpinannya, Uruguay menjadi terkenal dengan tingkat korupsi yang rendah. Negara Amerika Selatan memiliki peringkat kedua terkorup di Amerika Latin dalam indeks korupsi Transparency International.

Percaya atau tidak, presiden satu ini tidak memiliki rekening bank, tidak ada hutang, dan menikmati waktunya bersama anjing kesayangannya bernama Manuela. Jika masa jabatannya berakhir, Presiden berharap bisa beristirahat lebih tenang di rumahnya, berdama isteri dan anjingnya Manuela. (jo-1)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.