Bus tingkat wisata
JAKARTA, JO- Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, masyarakat masih tetap gratis menaiki kendaraan bus tingkat wisata kota (city tour Jakarta) hingga akhir tahun ini.

Sebab bus tersebut telah mendapat subsidi melalui APBD sekitar Rp 4,5 miliar. Rencananya dinas pariwisata akan memperpanjang masa gratisnya biaya bus untuk penumpang. Namun, hal itu dilakukan, apabila pengajuan subsidi harga tiket tahun depan dapat disetujui oleh Pemprov DKI.

"Masih gratis tahun ini, tapi kalau nanti diusulkan di APBD 2015 dan disetujui, ya gratis lagi," ucapnya kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Jumat(16/5).

Arie mengungkapkan, dengan pemberian subsidi tersebut, bukan hanya untuk tiket saja, tetapi juga untuk pemeliharaan bus wisata Jakarta. "Pemeliharaanya tidak mudah dan tidak murah," ungkapnya.

Kendati demikian, bus bermerek Weichai yang pertama kali didatangkan ke Jakarta pada bulan Februari lalu, sangat diminati masyarakat. "Kalau sekarangkan kita baru punya 5 bus, kalau lihat dari grafisnya ternyata banyak warga yang naik bus itu, dan penumpangnya membludak disaat hari-hari libur," tutur Arie Budhiman.

Arie berharap, ada perusahaan-perusahaan lain yang mau menyumbang bus wisata untuk Pemprov DKI Jakarta dengan melalui program coorporate social responbility (CSR). Sehingga nantinya akan ada penambahan rute yang akan dilalui bus tingkat tersebut dan penumpangpun tidak terlama menunggu kedatang bus wisata.

"Kalau dengan jumlah bus yang sekarang ini belum mencukupi. Idealnya satu rute 10-15 bus. Jadi jarak busnya tidak terlalu lama," demikian Arie.

Saat ini, rute yang dilintasi oleh bus tingkat wisata hanya berkeliling Bundaran Hotel Indonesia-Jalan MH Thamrin-Jalan Merdeka Barat-Jalan Juanda- Jalan Veteran-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Merdeka Selata-kemudian kembali ke Bundaran HI.(hw)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.